Jenis-Jenis Car Seat Bayi Dan Cara Memilih Yang Aman Dan Nyaman

Sebelum Anda memilih car seat bayi yang tepat, sebaiknya ketahui dan pahami terlebih dulu jenis-jenis car seat. Perlengkapan bayi yang satu ini menjadi alat yang membantu Anda membawa bayi saat di dalam kendaraan. Sehingga bayi bisa duduk dengan nyaman  dan aman. Anda pun bisa lebih konsentrasi mengemudi.

baca juga:Jenis-Jenis Dan Harga Stoller Bayi

 

Jenis-Jenis Car Seat

Ada dua jenis car seat yang perlu Anda ketahui, masing-masing car seat tersebut memiliki fitur berbeda yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Dua jenis car seat tersebut adalah:

  • Infant Car Seat

Jenis car seat infant umumnya dipasang menghadap ke belakang. Jenis car seat ini cocok digunakan untuk bayi yang memiliki berat hingga 12 kg atau bayi yang umurnya 1 tahun atau lebih. Car seat ini cocok digunakan untuk bayi usia di bawah satu tahun atau yang beratnya di bawah 12 kg. Karena jenis car seat ini tersedia juga yang ukurannya kecil.

Biasanya car seat bayi ini memiliki kontur dan mampu menjaga bayi tetap aman dan menawarkan perlindungan yang tepat untuk semua titik. Infar car biasanya bisa langsung ditransfer ke stroller sehingga Anda tidak perlu membangunkan/ memindahkan bayi dengan mengangkatnya.

  • Convertible Car Seat

Seperti namanya, jenis car seat ini bisa dirubah sedemikian rupa. Bisa menghadap kedepan dan kebelakang sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun sebaiknya jika car seat menghadap kedepan cocok untuk bayi yang beratnya sekitar 25kg.

Tips Membeli Car Seat

Alasan penting memilih car seat yang tepat adalah mempertimbangkan keselamatan dan keamanan. Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli car seat:

  • Sesuaikan dengan kebutuhan

Anda bisa menyesuaikan jenis car seat sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin menggunakan car seat dalam waktu yang lebih panjang bisa pilih jenis convertible karena ukurannya lebih besar dibandingkan dengan jenis infant. Namun sayangnya jika ingin memindahkan bayi ke stroller, terlebih dulu Anda harus membangunkan atau mengangkat bayi.

  • Sesuaikan dengan tinggi dan berat badan bayi.

Memilih car seat yang tepat tidak hanya mempertimbangkan model dan warnanya saja, namun sesuaikan dengan berat bandannya. Apabila berat badan lebih dari 13-16kg sebaiknya pilih yang menggunakan pengaman khusus. Atau menggunakan kursi kombinasi yang memiliki batas berat 29-36 kg.

  • Pastikan sistem sabuk pengamannya menggunakan kualitas tebaik

Fitur keamanan car seat tidak bisa disepelekan. Sabuk pengaman fungsinya adalah untuk mengantipasi bayi cidera dan menahan tubuhnya duduk dalam kondisi yang aman walau terkena goncangan. Sabuk pengaman yang aman adalah yang ditempatkan di bagian pinggul bukan di perut, leher atau bahu.

Sekarang sudah banyak produsen terkenal yang menyediakan car seat bayi yang nyaman dan teruji keamanannya. Selain itu Anda bisa menambahkan aksesoris lainnya yang bisa membuat bayi lebih nyaman saat duduk di kendaraan.

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Car Seat Bayi Dan Cara Memilih Yang Aman Dan Nyaman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*