Jenis-jenis Car Seat Bayi yang Bisa Menjadi Pilihan

Bagi orangtua yang ingin mengajak si kecil jalan-jalan menggunakan mobil, biasanya membutuhkan car seat bayi agar si kecil bisa duduk dengan nyaman tanpa harus dipangku oleh sang ibu. Ada beragam jenis car seat untuk bayi yang tentunya bisa menjadi pilihan, yaitu sebagai berikut:

Infant Car Seat

Car seat jenis ini bisa digunakan untuk bayi yang yang baru lahir hingga bayi memiliki berat maksimal 13 kilogram. Car seat ini bisa diletakkan menghadap ke belakang dan cocok untuk tahun pertama bayi. Ukuran car seat ini cukup kecil sehingga mudah ketika dikeluarkan dari mobil, dan yang paling penting adalah tidak mengganggu si kecil ketika tidur. Akan tetapi kekurangan dari car seat ini hanya cocok untuk tahun pertama si kecil saja, sehingga apabila berat badan bayi sudah melebihi ketentuan, maka penggunaan car seat ini harus diganti.

Convertible Car Seat

Car seat jenis ini bisa diletakkan menghadap ke depan atau ke belakang. Car seat bayi ini bisa digunakan hingga usia 4 tahun. Car seat ini memiliki ukuran yang cukup besar serta berat sehingga untuk memasang atau mengeluarkannya dari mobil tidak terlalu mudah. Akan tetapi penggunaan car seat ini terbilang hemat karena bisa digunakan dalam kurun waktu yang cukup lama.

All in One Car Seat

Car seat ini bisa dihadapkan ke belakang dan ke depan serta bisa dijadikan booster seat. Oleh karena itu penggunaannya bisa lebih lama dan tentunya akan lebih hemat.

Combination Car Seat

Car seat ini bisa diubah dari forward facing car seat menjadi booster seat, selain itu car seat ini juga memiliki 5 sabuk keselamatan sehingga lebih aman. Car seat ini bisa digunakan untuk bayi yang baru lahir hingga bayi yang memiliki berat badan 18 kilogram, atau bayi dengan usia 0-4 tahun.

Booster Car Seat

Kursi ini tidak memiliki penyandar belakang untuk bagian kepala sehingga lebih mudah dipasang dan bentuknya pun lebih sederhana. Car seat ini cocok untuk bayi yang memiliki berat badan 9 kg hingga 36 kg atau bayi berusia 9 bulan hingga anak berusia 11 tahun.

Memilih car seat bayi tentunya harus disesuaikan dengan kebutuhan, seperti halnya disesuaikan dengan berat badan bayi, hal ini agar car seat bisa menopang tubuh anak dengan sempurna selain itu agar car seat tidak cepat rusak dan keselamanan serta keamanan anak tetap terjaga. Penggunaan car seat memang dibutuhkan apalagi jika keluarga ingin melakukan perjalanan yang cukup jauh, selain anak akan merasa nyaman, orangtua pun tidak akan merasa kelelahan harus memangku si kecil selama dalam perjalanan.  

Be the first to comment on "Jenis-jenis Car Seat Bayi yang Bisa Menjadi Pilihan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*