Jenis-jenis Gigitan Bayi yang Bagus dan Aman

Teether atau mainan untuk digigit bayi merupakan mainan sejenis dot yang dibuat dengan bahan yang sangat lembut untuk dijadikan mainan bagi bayi di saat bayi mulai tumbuh gigi. Teether merupakan mainan yang sangat aman dan efektif diberikan pada bayi saat tumbuh gigi untuk menguragi rasa nyeri di saat bayi mulai tumbuh gigi. Ketika tumbuh gigi, bayi akan merasa tidak nyaman, sebab gusinya mulai membengkal bahkan terluka secara alamiah kerika gigi akan muncul keluar. Tidak jarang, bayi akan melampiaskan rasa ngilunya tersbut ketika diberi ASI, sehingg puting susu si ibu akan digigit. Untuk meminimalisir gigitan pada puting susu ibu, memberikan mainan berupa teether atau gigitan bayi sangat dianjutkan. Namun, tidak semua teether cocok diberikan kepada bayi. Memilih teether yang salah justru bisa membahayakan bayi bahkan membuat gusinya terluka. Berikut ini adalah kiat memilih teether yang bagus dan aman buat bayi yang baru tumbuh gigi.

  • Mengenal Beberapa Jenis Teether

Untuk memilih teether atau gigitan bayi yang bagus dan aman, sebaiknya orang tua mengenali jenis-jenis teether yang dijual di pasaran, sebab setiap jenis teether memiliki fungsinya masing-masing. Sedikitnya terdapat empat jenis teether yang dijual di pasaran, yaitu: pertama, ergonomic teether, yaitu teether yang berfungsi untuk merangsang sensitivitas gigi dan gusi. Teether jenis ini juga dapat membantu melegakan rasa gatal pada gusi. Teether jenis ini bisanya diproduksi dari bahan silikon yang lembut dan fleksibel sehingga mampu menjangkau mulit dan gigi bagian dalam. Kedua, transition teether, yaitu teether yang berfungsi untuk proses transisi  ketika gusi pecah atau luka ketika gigi mulai keluar. Pecahnya gusi ini tidak jarang membuat bayi infeksi sehingga dilanda gejala demam. Ketika bayi baru tumbuh gigi, berikanlah transition teether yang bagus, yaitu teether yang diproduksi dari bahan silikon solid yang lebih keras namun tetap aman dan elastis.

Baca juga: Memilih Teether atau Mainan Gigitan Bayi

Ketiga, soothing teether. Teether ini sangat cocok diberikan pada bayi yang mengalami nyeri gusi pada saat giginya akan keluar. Untuk mengetahui gejala nyeri pada gusi bayi, orang tua bisa mendeteksinya dengan melihat warna gusi yang lebih pucat atau agak keputihan di bagian yang akan tumbuh gigi. Pilihlah soothing teether terbuat dari bahan silikon lembut dan beisi cairan air agar aman ketika digigit bayi. Keempat, massaging teether, yaitu teether yang cocok diberikan pada bayi yang giginya mulai tumbuh keluar. Ketika gigi mulai keluar dari gusi, biasanya si bayi akan merasakan nyeri. Massaging teether ini umumnya dibuat dari bahan berstektur keras yang dikombinasikan dengan permukakan yang lunak.

Ketika bayi sedang menggunakan teether, orang tua harus mengawasinya agar gigitan bayi tersebut tidak tertelan, juga agar gigitan pada teether tersebut disesuaikan dengan bagian-bagian yang dianjurkan.

 

Be the first to comment on "Jenis-jenis Gigitan Bayi yang Bagus dan Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*