Jenis-Jenis Mainan Bayi Usia 3-6 Bulan

Bermain bersama bayi merupakan aktivitas yang menyenangkan. Selain itu bisa menambah keakraban antara Anda dengan bayi. Moment bermain dengan buah hati bisa dimanfaatkan untuk menstimulus perkembangannya menjadi lebih optimal dengan catatan memberikan mainan bayi yang sesuai dengan umur dan perkembangannya.

Melalui mainan yang tepat membantu bayi berkomunikasi. Dengan mainan ia bisa mengungkapkan perasaan apakah ia menyukai mainannya atau tidak. Bahkan ia seolah-olah sedang berkomunikasi dengan mainannya. Dalam artikel ini kita akan membahas mainan bayi usia 3-6 bulan yang tepat untuk membantu menstimulus perkembangan kecerdasannya.

Baca juga: Mewaspadai Mainan Bayi yang Berbahaya

Mainan Berbentuk Gantungan

Ada banyak jenis mainan dalam bentuk gantungan yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Model, bahan dan bentuknya bervariasi bahkan beberapa diantaranya ada yang bisa mengeluarkan bunyi. Sebaiknya pilih yang warnanya terang dan mengeluarkan bunyi agar bayi tertarik.Mainan gantung yang bergerak dan berbunyi ini membantu kemampuan visual dan melatih indra pendengarannya.

Mainan Bentuk Cermin

Mainan cermin bahan plastik aman untuk bayi. Biasanya bayi senang melihat wajahnya sendiri. Perkenalkan pada bayi wajahnya. Gerakkan mainan kearah beberapa anggota tubuhnya, misalnya: tangan, kaki dsb.

Mainan Bentuk Ikat

Ada beberapa jenis mainan yang bisa diikat pada tangan atau kakinya. Saat ia bergerak mainan yang diikat akan mengeluarkan bunyi. Cobalah ikat mainan ke kaki atau tangannya, biasanya bayi akan melakukan gerakan menendang, menggerakkan kaki atau tangannya agar mainannya berbunyi. Mainan ini melatih kemampuan motoriknya.

Mainan Alat Transfortasi

Mainan ini berbentuk bendra transfortasi seperti: mobil-mobilan, pesawat, bus, kereta dan lain-lain. Pilih mainan yang aman bahan kain yang aman untuk bayi. Agar bermain lebih menyenangkan cobalah bermain sambil menyanyikan lagu yang bertemakan transportasi tersebut atau sambil mengikuti jenis transportasi tersebut.

Mainan Yang Bergerak

Ada beberapa permainan yang dirancang khusus untuk bayi belajar bergerak merangkak. Misalnya mainan yang baterai yang jika dinyalakan akan bergerak maju atau mainan dengan tambahan tali yang ditarik kedepan. Anda bisa menggerakkan mainan awalnya perlahan-lahan, biasanya bayi akan tertarik dan mengikuti mainan. Jika tidak memiliki mainan jenis ini bisa gunakan bola atau mainan jenis lainnya yang dapat menarik perhatian bayi untuk mencoba menggapainya.

Demikian jenis mainan yang masuk ke dalam permainan edukatif dan efektif untuk bayi usia 3-6 bulan. Perlu Anda ketahui perkembangan dan kemampuan anak berbeda-beda satu dengan yang lainnya, jadi pastikan permainannya sesuai dengan perkembangannya agar membantu proses perkembangan selanjutnya.

Untuk mendapatkan mainan bayi edukatif caranya bisa beli di toko/ mall konvensional atau beli di situs Bukalapak.com. Di situs jual beli ini Anda bisa mendapatkan beragam mainan sesuai dengan usia dan perkembangannya. Selain itu Anda bisa mengetahui secara detail mulai dari bahan, warna, ukuran hingga harganya.

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Mainan Bayi Usia 3-6 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*