Jenis-Jenis Makanan Bayi Untuk Usia 1 Tahun

Saat usia bayi masih satu tahun pertama, perkembangan dan pertumbuhannya sangat cepat. Bagi para orangtua akan menemukan beragam kejutan kemampuan buah hati yang membuat perasaan bangga, senang dan terharu. Untuk mengimbanginya penting sekali memberi makanan bayi usia 1 tahun yang tepat.

Saat buah hati menginjak usia 1 tahun, sudah waktunya diberi makan 3 kali sehari dan sewaktu-waktu sudah boleh diberi makanan camilan. Anda sudah bisa memberikan makanan padat seperti yang dikonsumsi orang dewasa, namun pastikan makanannya mudah ditelan, dikunyah dan dicerna.

Agar anak tidak mudah bosan, beri makanan yang bervariasi dengan kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Bayi usia 1 tahun sudah boleh diberi susu sapi, madu, olahan makanan dari kacang, biji-bijian, telur dan ikan. Perhatikan apakah Anda dan suami memiliki riwayat alergi, jika Ya, penting memilah-milah makanan yang tepat dan mengetahui makanan yang bisa membuat buah hati Anda alergi.

Sebenarnya tidak ada ketentuan jenis makanan untuk anak satu tahun, yang penting adalah memperhatikan kandungan nutrisinya. Beberapa jenis makanan bayi yang bisa dijadikan pilihan yang tepat diantaranya adalah sebagai berikut:

Nasi Merah

Nasi merah banyak mengandung energi, protein, mineral dan vit B dibandingkan dengan nasi putih. Nasi merah juga memiliki kandungan zat karbohidrat kompleks yang mampu menyerap di dalam tubuh lebih lama sehingga kadar glukosa darah siap pakai dan lebih stabil.

Ubi

Makanan ini memiliki banyak kandungan vit A dan C, serta kaya fitokimia yang berungsi sebagai benteng pertahanan untuk mencegah serangan penyakti.

Daging Ayam

Kelebihan daging ayam dibandingkan dengan jenis daging lainnya adalah jumlah lemaknya lebih sedikit. Hindari memberikan bagian kulit ayam, karena kuli mengandung banyak lemak dibandingkan dengan jenis kulit daging lainnya.

Daging Merah

makanan ini memiliki kandungan zat besi yang sangat dibutuhkan untuk masa pertumbuhan anak usia 1 tahun. zat besi yang terdapat di daging merah lebih cepat diserap oleh tubuh. Hindari memberikan daging merah terlalu sering, cukup 2 atau 3 kali seminggu.

Ikan

Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamikan adalah protein yang rendah lemak, kalsium, selenium dan magnesium. Ikan sangat baik untuk memerangi radikal bebas dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Salah satu jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan salmon yang memiliki kandungan lemak esensial yang berguna untuk perkembangan otaknya.

Sayuran Dan Buah-Buahan

Bukan rahasia lagi jika buah-buahan dan sayuran memberikan manfaat bagi kesehatan dan perkembangan bayi. Ada banyak jenis sayuran dan buah-buahan yang baik untuk anak 1 tahun, seperti sayuran yang berwarna terang dan hijau. Seperti: brokoli.

Demikian jenis-jenis makanan bayi usia 1 tahun yang baik dan disarankan. Selain itu masih banyak jenis-jenis makanan lainnya yang tidak kalah sehat yang bisa Anda berikan.

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Makanan Bayi Untuk Usia 1 Tahun"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*