Jenis-Jenis Makanan Bayi Yang Dianjurkan

Makanan bayi harus makanan yang sehat dan alami, hendaknya makanan tersebut diolah dengan cara yang benar. Makanan alami lebih aman dibandingkan dengan makanan cepat saji karena tidak mengandung bahan pewarna dan penyedap rasa yang bisa menyebabkan masalah kesehatan, seperti: gangguan hati, ginjal dan pencernaan.

Makanan Bayi Dari Bahan Buah-Buahan

Makanan pertama yang direkomendasikan untuk bayi adalah yang terbuat dari buah-buahan. Karena kandungan yang terdapat di dalam buah sangat bermanfaat bagi tubuhnya dan baik untuk pencernaan. Oleh sebab itu buah-buahan masuk ke dalam jenis makanan semidigested food atau predigested food yaitu jenis makanan yang mudah dicerna.

Manfaat lainnya buah-buahan adalah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh bayi sehingga bayi tidak mudah terkena penyakit. Hal tersebut karena kandungan vitamin C yang terdapat pada buah-buahan.

Pada waktu tahap awal pemberian makanan tambahan, Anda bisa mengolah buah-buahan dengan teksur yang lembut dan lebih cair dibandingkan cairan jus pada umumnya. Setelah itu, Anda bisa memberikan makanan dalam bentuk yang lebih padat. Hal tersebut untuk membantu buah hati menyesuaikan makanan baru dengan rasa yang baru.

Proses adaptasi tersebut bisa dilakukan selama 4 – 5 hari. Namun lamanya proses adaptasi harus disesuaikan dengan perkembangan dan kemampuan makan buah hati. Berikut ini akan kami berikan informasi mengenai jenis-jenis buah yang aman diberikan untuk makanan bayi.

Baca juga: Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

  1. Pepaya
  2. Alvocat.
  3. Melon hijau dan jingga
  4. Jeruk baby, jeruk orange, jeruk keprok
  5. Semangka merah dan semangka kuning
  6. Buah pir
  7. Pisang ambon
  8. Buah apel
  9. Buah mangga jenis mangga madu, mangga arumanis

Sebelum mengolah buah-buahan, terlebih dulu buah dicuci sampai bersih. Setelah itu kupas kulitnya dan keluarkan biji (untuk jenis buah yang memiliki biji). Proses pengolahan buah untuk makanan tambahan bisa dengan cara diperas lalu disaring, dikeruk menggunakan sendok (pada buah papaya dan pisang) atau dengan cara dihaluskan menggunakan blender. Proses pengolahan buah disesuaikan dengan jenis buah yang digunakan.

Hindari memberikan tambahan gula ke dalam makanan tambahan. Karena buah rasanya sudah manis jadi biarkan bayi mengenal rasa manis dari buah itu sendiri. Manfaat rasa manis alami dari buah bisa membuat syaraf perasa pada bayi semakin peka.

Makanan Tambahan Lainnya

Setelah bayi diperkenalkan dengan buah-buahan, Anda bisa melanjutkan memperkenalkan makanan yang terbuat dari kentang, nasi, sayur-sayuran dan gandum. Jika akan memberikan sayuran, berikut ini beberapa jenis sayuran yang aman dan dianjurkan untuk bayi:

  1. Bayam
  2. Kangkung akar, kangkung cabut
  3. Wortel
  4. Tomat
  5. Brokoli
  6. Kacang polong
  7. Buncis. Tomat
  8. Kembang kol

Itulah makanan bayi yang disarankan diberikan pada waktu bayi sudah boleh diberi tambahan makanan. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Makanan Bayi Yang Dianjurkan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*