Jenis-Jenis Penyakit Bayi Yang Sering Menyerang

Menjadi orangtua lengkap dengan tanggung jawab untuk menjaga buah hati tetap sehat dan tumbuh kembangnya berkembang dengan baik. Selain itu orangtua harus mengetahui juga jenis-jenis penyakit bayi, dengan harapan dapat mengetahui bagaimana cara mencegah dan mengantisipasi agar buah hati tidak terserang penyakit.

Apnea

Apnea adalah jenis penyakit dimana buah hati tidak bernapas selama beberapa detik pada waktu tidur. Biasanya bayi baru lahir mengalami apnea, khususnya bayi yang lahir premature.

Sesak Napas

Sesak napas adalah kondisi dimana bayi mengalami kesulitan untuk menarik napas atau napas bayi berbunyi dan disertai batuk. Waspada jika wajah bayi menjadi berwana biru karena artinya ia mengalami kekurangan oksigen.

Ruam Popok

Ruam popok adalah masalah kulit iritasi, penyebabnya adalah karena pemakaian popok yang tidak benar.

Penyakit Kuning

Penyakit kuning (jaudince) adalah penyakit yang bisa membuat kulit dan mata bayi berwarna kuning. Pada batas-batas tertentu penyakit ini tidak membahayakan, namun orang tua tetap harus waspada jika penyakit ini tidak kunjung sembuh. Untuk mencegah bayi terkena penyakit kuning salah satu caranya adalah dijemur di bawah sinar matahari pada waktu pagi hari.

Batuk Pilek

Batuk pilek adalah penyakit bayi yang banyak diderita oleh bayi. Penyebabnya adalah virus. Jika saat batuk pilek menyebabkan minumnya berkurang atau seminggu tidak sembuh-sembuh segera bawa ke dokter.

Eksim Susu

Eksim susu atau dermatitis atopi adalh salahs atu penyakit kulit yang paling banyak ditemukan pada bayi. Disebut eksim susu konon karena disebabkan cairan ASI yang mengenai kulit di sekitar mulut bayi yang kemudian menyebabkan bercak merah.

Infeksi Saluran Pernapasan

Infeksi Saluran pernapasan adalah penyakit dalam bentuk infeksi yang menyerang saluran pernapasan bagia atas. Namun ada juga yang menyerang saluran pernapasan bawah. Biasanya penyakit ini menyerang bayi yang baru dilahrikan.

Infeksi Telinga

Infeksi telinga tengah adalah infeksi yang menyerang salah satu bagian telinga yaitu bagian tengah atau didaerah sekitar gendang telinga.

Sembelit

Sembelit adalah penyakit pencernaan, biasanya terjadi karena bayi kekurangan cairan atau terjadi akibat perubahana makanan yang dimakan. Misalnya, awalnya diberi makanan padat pertama. Jika sembelit tidak kunjung sembuh atau terjadi lebih dari satu bulan sebaiknya waspada dan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat.

Muntah

Muntah adalah masalah kesehatan yang biasanya disebabkan karena bayi kekenyangan, terlalu banyak udara di dalam lambung dsb. Kadang muntah menjadi masalah kesehatan saat bayi dalam kondisi tidak sehat. Wasapada jika bayi muntah terus-menerus tanpa henti, sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pertolongan.

Diare

Diare adalah penyakit bayi yang disebabkan oleh rotavirus. Ada banyak faktor penyebab diare, misalnya: makanan yang kurang cocok, makanan yang dimakan kurang terjaga kebersihannya dsb.

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Penyakit Bayi Yang Sering Menyerang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*