Jenis-Jenis Playmat Bayi dan Tips Memilihnya untuk Si Kecil

Jenis-Jenis Playmat Bayi dan Tips Memilihnya untuk Si Kecil

Bermain merupakan salah satu kegiatan penting yang harus dilakukan si kecil untuk memastikan tumbuh kembangnya sempurna. Dengan bermain si kecil akan menggunakan saraf motorik maupun sensoriknya sehingga dapat diamati untuk menentukan kesehatannya. Selain itu dengan bermain juga bisa meningkatkan respon psikis sehingga si kecil merasa senang dan selalu belajar hal-hal yang baru. Namun selain memberikan manfaat, bermain juga bisa mengakibatkan kejadian yang tak menyenangkan seperti bayi terjatuh ataupun terbentur. Karenanya, saat bermain, pastikan bayi menggunakan playmat bayi yang empuk dan aman sehingga Anda tidak khawatir dan si kecil dapat bermain dengan riang.

Jenis-Jenis Playmat Bayi dan Tips Memilihnya untuk Si Kecil

Playmat merupakan alas untuk bayi bermain. Dibuat dari bahan yang empuk serta tahan air untuk mengantisipasi saat bayi mengompol. Ada banyak jenis playmat yang beredar di pasaran saat ini yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera, kebutuhan hingga range harganya. Berikut ini adalah beberapa jenisnya yang bisa menjadi pilihan untuk si kecil:

  • Playmat puzzle.

Merupakan playmat yang terbuat dari kotak-kotak kecil yang disatukan seperti puzzle. Menggunakan bahan yang empuk namun tebal sehingga aman dari resiko benturan. Dengan playmat puzzle, Anda akan bisa membuat playmat sesuai dengan bentuk ruangan dan dengan dekorasi sendiri. Ada playmat puzzle yang di dalamnya masih memiliki bentuk-bentuk unik untuk membantu si kecil belajar bentuk bangun.

  • Playmat karpet.

Seperti karpet plastik pada umumnya, playmat ini mencegah si kecil dari kembung jika langsung bermain di atas lantai. Namun bentuknya tak terlalu empuk sehingga benturan masih bisa terjadi. Gunakan playmat bayi ini hanya jika anak Anda sudah berusia lebih besar.

  • Playmat kasur.

Seperti namanya, playmat ini terbuat dari bahan kasur yang empuk. Selain luas sehingga bisa untuk tempat bermain si kecil, playmat ini juga bisa menjadi alas yang nyaman saat si kecil terlelap.

Baca juga: Tips Cerdas Memilih Boneka Bayi yang Tepat dan Aman untuk Mainan Buah Hati Anda

  • Playmat kasur dengan mainan.

Bentuk ini adalah yang paling banyak digunakan untuk bayi dibawah 1 tahun. Dengan bentuk lingkaran atau persegi panjang, playmat ini sudah dilengkapi dengan mainan bayi dengan bentuk melintang sehingga mudah dilihat si kecil namun tetap aman dari jangkauan. Ada juga mainan yang memberikan suara sehingga bisa menenangkan si kecil saat rewel atau menjelang waktu tidur.

Untuk memilih playmat bayi yang tepat, Anda bisa menyesuaikannya dengan usia si kecil. Semakin kecil usia bayi maka playmat yang dibutuhkan adalah yang empuk sehingga aman dari benturan. Namun semakin besar, Anda akan membutuhkan playmat yang lebih luas karena biasanya anak akan lebih aktif dalam bermain. Jangan lupa untuk membersihkan mainan dan playmat secara rutin untuk menjaga kebersihan, keamanan dan kesehatan putra-putri Anda.

 

Be the first to comment on "Jenis-Jenis Playmat Bayi dan Tips Memilihnya untuk Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*