Jenis Makanan Bayi yang Aman Dikonsumsi

Ketika bayi sudah memasuki usia lebih dari enam bulan, orang tua biasanya akan melatih bayinya untuk mengkonsumsi makanan lain selain ASI. Kebutuhan bayi akan gizi yang semakin besar membuat orang tua harus memberikan makanan pendamping ASI untuk mendukung tumbuh kembang si bayi agar bisa berkembang dengan maksimal. Namun, memilih jenis makanan yang tepat untuk bayi bukanlah perkara yang mudah. Terdapat banyak pertimbangan yang dipikirkan oleh para orang tua dalam memilihkan makanan yang tepat sebagai pendamping ASI dan sebagai media pengenalan si bayi terhadap jenis dan rasa makanan lain selain ASI. Selain itu, memperkenalkan makanan pada bayi juga harus disesuaikan dengan suai si bayi, terutama pada kemampuannya adlam mengunyah makanan. Masing-masing bayi akan memberikan respon yang berbeda-beda dalam menerima makanan yang diberikan oleh orang tua, sehingga dalam memberikan Mpasi (makanan pendamping ASI), orang tua harus memperkenalkan makanan tersebut agar bayinya menjadi terbiasa pada tekstur dan rasanya. Berikut ini akan dibahas mengenai jenis makanan bayi yang aman dikonsumsi.

Pure Kentang atau Bubur Kentang

Pure kentang merupakan kentang rebus yang dihaluskan. Makanan bayi ini sangat aman dikonsumsi oleh bayi, selain teksturnya yang lembut, kentang juga sangat baik untuk dimakan oleh bayi, sebab kentang merupakan jenis sayuran alami yang dapat membantu tumbuh kembang bayi. Jika si bayi masih sangat asing dengan rasa kentang, ada baiknya jika mencampur bubur atau pure kentang tersebut dengan susu yang sudah familiar bagi bayi. Selain aman bagi bayi, makanan ini juga cukup mudah cara membuatnya, sehingga tidak menyulitkan orang tua. Kukuslah kentang hingga empuk dan matang, kemudian kupas dan potong kecil-kecil. Haluskan kentang dengan cara ditekan dengan sendok atau dengan cobek, jika sudah halus, baru tambahkan susu. Cara lain agar rasa kentang dan susu lebih menyatu, masukkan kentang matang yang sudah dikupas dan dipotong dadu ke dalam blender, barulah tambahkan susu dan kemudian bender hingga halus dan merata.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Bayi Yang Dianjurkan

Ikan Rebus

Jika bayi sudah terbiasa dengan makanan selain ASI, cobalah memberikan makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan laut. Pilihlah ikan laut yang teksturnya cukup lembut, seperti tuna dan salmon. Cara mengolahnya agar aman dikonsumsi oleh bayi, bersihkan dulu ikan tuna atau salmon, pilahlah dagingnya dan pisahkan daging dengan kepala dan tulangnya. Barulah rebus ikan tanpa bumbu. Jika ingin menghilangkan rasa amis, masukkanlah sedikit lemon pada air rebusan. Ikan salmon atau tuna juga bisa diolah menjadi sup yang menyehatkan. Cara mengolah tuna atau salmon menjadi variasi sayuran bagi sup adalah, bersihkan daging tuna atau salmon, haluskan dengan blender, kemudian masukkan daging ikan yang dibentuk bola-bola ke dalam air sup yang sudah mendidih.

Itulah beberapa jenis makanan bayi yang aman dan mudah dibuat oleh para orang tua yang ingin memberikan makanan pendamping ASI.

Be the first to comment on "Jenis Makanan Bayi yang Aman Dikonsumsi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*