Jenis Makanan Bayi Yang Mendukung Kecerdasan Otak

Jenis Makanan Bayi Yang Mendukung Kecerdasan Otak

Memberikan sesuatu yang terbaik untuk buah hati di masa pertumbuhan pasti sangat menjadi prioritas semua orang tua. Masa pertumbuhan dari mulai bayi dilahirkan hingga usai anak-anak adalah waktu yang tepat untuk merangsang perkembangan buah hati mulai dari perkembangan motorik, hingga perkembangan kecerdasan otaknya. Kecerdasan otak anak di usia bayi banyak dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung, salah satunya adalah dari makanan bayi.

Jenis Makanan Bayi Yang Mendukung Kecerdasan Otak

Bayi membutuhkan banyak kalori untuk bertumbuh kembang secara maksimal. Kalori yang didapat bisa berasal dari asupan makanan. Jika anda ingin membuat sang buah hati tumbuh berkembang menjadi anak yang memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi, maka pelajari terlebih dahulu jenis makanan yang mampu meningkatkan kecerdasan bayi. Berikut ini beberapa jenis makanan yang baik untuk merangsang perkembangan kecerdasan otak sang buah hati, diantaranya yaitu:

  • Berbagai jenis produk susu.

Pemberian susu, baik ASI maupun susu formula merupakan salah satu asupan makanan yang baik untuk membantu pertumbuhan otak bayi. Seperti yang kita tahu, susu mengandung banyak kandungan nutrisi yang baik untuk si kecil, seperti kandungan kalsium, protein, kalium, vitamin B dan vitamin D. Untuk susu formula ada baiknya berikan saat di usia bayi 3 tahun lebih karena kandungan pada susu formula yang lebih banyak mengandung laktosa yang kurang cocok untuk lambung bayi di usia bulanan. Pemberian susu formula di usia bulanan terkadang jika tidak cocok atau alergi akan menimbulkan masalah kesehatan pada bayi seperti diare (gejala lactose intolerance) karena enzim sukrase di lambung tidak bisa memecah laktosa secara sempurna.

  • Buah beri.

Pemberian buah beri bisa dilakukan pada bayi mulai usia 7 bulanan. Pengolahannya cukup dengan cara dikukus lalu dihaluskan atau dibuat jus khusus untuk bayi berusia 8 bulan ke atas. Buah beri sebagai makanan bayi sangat bagus untuk kecerdasan bayi karena mengandung banyak fruktosa (gula buah) sehingga anak akan lebih aktif bergerak, serta membantu menjaga kesehatan retina mata bayi agar mendapatkan penglihatan yang normal. Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah beri sangat bagus untuk menangkal dari pengaruh radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan pada tubuh bayi.

  • Telur.

Sebagai sumber protein hewani, telur sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak bayi. Kandungan zat besi, lemak, kalium, kalsium, fosfor, karbon, dan berbagai unsur dalam telur sangat baik untuk menghasilkan energi. Kandungan kolin pada telur juga baik untuk perkembangan memori bayi terutama untuk meningkatkan daya ingat.

  • Beras merah, beras ketan dan gandum.

Karbohidrat sangat baik untuk menghasilkan energi bagi perkembangan otak bayi. Untuk makanan bayi, zat karbohidrat bisa diperoleh dari variasi pengolahan bubur beras merah, beras ketan maupun gandum.

Baca Juga Petunjuk Makanan Bayi 6 Bulan yang Direkomendasikan dan Dilarang

  • Sayuran berwarna hijau dan kuning.

Sayuran berwarna hijau mengandung banyak vitamin, mineral dan antioksidan yang bagus untuk kecerdasan otak. Jenis sayuran yang bisa dikonsumsi bayi, antara lain bayam, brokoli, kubis, dan wortel.

Be the first to comment on "Jenis Makanan Bayi Yang Mendukung Kecerdasan Otak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*