Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Diderita

Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Diderita

Ketika bayi mengalami sakit biasanya akan membuat orangtua merasa panik karena tidak tahu harus mengatasinya. Terlebih untuk orangtua yang baru dan tidak bisa untuk menangani anak yang tiba-tiba rewel dan melihat anaknya dalam kondisi yang tidak biasanya. Sehingga rasa panik tersebut tidak bisa dihindarkan. Padahal yang harus diketahui oleh orangtua adalah bayi terutama untuk balita akan mengalami setidaknya 6 hingga 8 kali sakit pertahunnya. Dimana hal tersebut terjadi karena imun bayi yang masih sangat rentan untuk terserang penyakit. Oleh karena itulah penyakit bayi bisa terjadi karena mudahnya terinfeksi bakteri dan juga kuman. Adapun biasanya untuk penyakit yang sering dialami oleh bayi hingga balita adalah yang harus diketahui adalah sebagai berikut:

Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Diderita

  • ISPA

Jenis penyakit yang sering terjadi pada masa bayi adalah ISPA atau infeksi saluran napas atas. Jenis penyakit yang satu ini mempunyai banyak gejala yang akan ditunjukkan sehingga bisa diwaspadai oleh orangtua. Misalnya saja gejala dari penyakit ini adalah mengalami pilek, demam, dan juga batuk. Demam yang diderita biasanya hingga suhu tinggi yaitu mencapai 40 derajat Celcius sehingga membuat orangtua khawatir. Akan tetapi orangtua sebenarnya tidak perlu terlalu cemas karena jenis penyakit yang disebabkan oleh virus ini biasanya akan sembuh sendiri dalam kurun waktu 7 hingga 10 hari. Sehingga orangtua hanya harus memberikan anak obat yang tepat.

  • Bintik merah pada kulit

Jenis penyakit bayi yang paling sering dialami adalah munculnya bintik merah pada kulit bayi. Hal tersebut banyak diderita karena bayi yang mempunyai kulit sensitif sehingga bisa terjadi karena disebabkan oleh beberapa hal. Seperti dari menggunakan popok yang tidak nyaman dan juga dalam jangka waktu lama. Karena iritasi pakaian yang tidak nyaman, terlalu banyak berkeringat, dan juga beberapa hal lainnya. Dan untuk mengobatinya juga cukup mudah dengan mengoleskan obat atau salep yang bisa menghilangkan dan mengatasi bintik tersebut.

  • Demam

Penyakit lainnya yang paling sering diderita oleh bayi adalah ketika bayi mengalami demam. Hal tersebut akan membuat orangtua panik karena bayi akan rewel dan sering menangis. Bahkan apabila demamnya sudah panas juga akan membuat bayi mengalami step yang membuat cemas. Hal tersebut biasanya terjadi karena infeksi yang terjadi karena makanan dan juga lingkungan. Oleh karena itulah penting untuk memastikan tempat yang bersih dan makanan yang higienis untuk bayi.

Baca juga: Hindari Berbagai Penyakit dengan Asupan Vitamin Bayi Baru Lahir dengan Tepat

  • Penyakit perut

Dan jenis penyakit bayi yang paling sering dialami adalah masalah penyakit perut. Misalnya saja bayi mengalami diare, sembelit, perut kembung, bahkan juga mengalami infeksi yang terjadi pada usus. Hal tersebut tentunya harus diketahui penyebabnya dan juga pencegahan yang baik sehingga akan dapat untuk membuat bayi merasa nyaman dan bisa sembuh.

 

Be the first to comment on "Jenis Penyakit Bayi yang Paling Sering Diderita"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*