Jenis Vitamin Bayi Agar Pertumbuhan Dan Perkembangannya Maksimal

Segala nutrisi yang dibutuhkan bayi sudah terpenuhi jika Anda memberikan ASI pada buah hati. Namun jika berat tubuh bayi berada di bawah normal salah satu solusinya bisa dengan memberikan vitamin bayi. Berikut ini vitamin-vitamin yang dibutuhkan bayi untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya.

Baca juga: Tips Bijak Memberikan Vitamin Bayi

Vitamin A

ASI merupakan sumber vitamin A alami yang paling sempurna, manfaatnya bagi perkembangan bayi adalah membantu perkembangan mata dan fungsi organ tubuh lebih maksimal. Selain itu, vit A sangat membantu dalam hal sistem kekebalan tubuh dan menompang kemampuan melihat pada waktu malam hari.

Anda bisa memberikan Vit A dengan cara diteteskan langsung kepada bayi atau memberikan makanan yang mengandung vit A, seperti: ayam, sayuran berwarna hijau, berwarna kekuning-kuningan, susu, hati dan buah-buahan.

Vitamin B

Vit B mengandung sub vitamin, itu sebabnya dinamai vit B kompleks. Vit B sangat bermanfaat untuk perkembangan bayi dan membantu menjaga tubuh sang ibu. Kelompok vit B yang disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui adalah Vit B2 atau Riboflavin.

Vit B1.B6 dan B12 juga merupakan kelompok vit B yang penting dan dibutuhkan oleh ibu hamil dan bermanfaat untuk bayi yang memiliki berat badan kurang. Selain itu vit B kompleks menunjang metabolisme akan karbohidrat dan vitamin, memerihara sistem nerves, pembentukan sel darah yang berguna untuk menyerang bakteri yang masuk ke dalam tubuh dan membantu imun tubuh menjadi lebih baik.

Vitamin C

Vit C atau Ascorbic acid sangat berguna untuk menyembuhkan luka, menjaga kolagen dan menambah daya tahan terhadap infeksi, menjaga kesehatan gigi, gusi dan pembuluh darah. Anda bisa memberikan makanan yang mengandung vit C, seperti: buah jeruk, tomat, cabai hijau, cabai merah, buah beri, buah melon dan brokoli.

Vitamin bayi ini sudah tersedia dalam bentuk tablet vitamin. Namun pastikan memilihnya yang sesuai dengan kondisi dan berat badan bayi, jadi sebaiknya konsultasikan terlebih dulu ke dokter anak vitamin apa yang cocok.

Vitamin D

Bayi disarankan mendapatkan asupan suplemen vit D sebanyak 200 IU setiap harinya apabila kekurangan konsumsi ASI kurang dari 17 ons setiap harinya. ASI memiliki banyak kandungan vit D yaitu sebanyak 400 IU, jumlahnya sama dengan 22 ons pada kandungan susu formula bayi.

Vitamin K

Suntikan vit K diberikan pada bayi saat ia baru dilahirkan. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya pendarahan internal dalam tubuh bayi. Selain itu vit K membantu menghentikan pendarahan dan menjaga tubuh bayi.

Vitamin E

Vitamin bayi yang terakhir adalah vitamin E. Ibu bisa memberikannya dalam bentuk tetes atau pil. Manfaatnya adalah untuk menjaga pembentukan kekebalan pada tubuh bayi. Selain itu zat yang terkandung dalam vit E merupakan zat penting yang dibutuhkan untuk perkembangan bayi.

Be the first to comment on "Jenis Vitamin Bayi Agar Pertumbuhan Dan Perkembangannya Maksimal"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*