Kegunaan Playmat Bayi Memberikan Fungsi Ganda untuk Mendukung Perkembangan Si Kecil

Bayi yang baru lahir memiliki sensor alami untuk mengembangkan saraf motorik nya dengan beradaptasi dengan lingkungan sekitar. Supaya perkembangan tersebut lebih maksimal Kita selaku orangtua penting pula menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung. Salah satunya dengan menyediakan beberapa jenis mainan yang sifatnya edukatif. Selain membuatnya senang juga merangsang kecerdasan otak dan kekuatan saraf penting dalam olah gerak tubuhnya. Mainan terbaik untuk bayi bisa dengan menyediakan playmat bayi.

  •  Fungsi Ganda yang Disajikan Playmat untuk Bayi

 Playmat merupakan salah satu mainan sekaligus berfungsi sebagai perlengkapan si kecil supaya nyaman dan senang. Bentuknya merupakan sebuah matras yang berukuran cukup untuk satu orang bayi berbaring di atasnya. Kemudian pada bagian atas terdapat sebuah rangka melengkung yang biasanya diletakkan beberapa mainan menggantung. Bentuknya yang sederhana ternyata menyimpan segudang fungsi yang baik bagi perkembangan buah hati. Apa saja fungsi tersebut? Berikut adalah beberapa contohnya:

  •  Membantu merangsang sensorik pada bayi,

Bentuk playmat yang cukup berwarna-warni namun tetap nyaman karena matrasnya yang empuk, kemudian ditambah mainan di atasnya. Mampu mendukung perkembangan saraf sensorik pada bayi terutama untuk melihat warna, bentuk, bahkan suara. Sebab beberapa vendor playmat menambahkan fitur musik untuk membantu merangsang sensor dengar pada bayi. Siapa sangka dengan menyediakan satu mainan ini, maka bayi bisa belajar bergerak mengambil apa yang diinginkan, memilih mana yang ia suka, sekaligus mendengarkan.

Baca Juga : Manfaat Playmat Bayi Bagi Perkembangan Kecerdasannya

  •  Membantu merangsang kemampuan kognitif nya,

Meski masih berusia bayi, orangtua bisa mengajarkan atau merangsang kemampuan kognitif buah hati tercinta. Salah satunya dengan menyediakan playmat bayi, yang memiliki desain unik tanpa sekat di bagian kana kiri maupun atas bawahnya. Desain ini akan membuat si kecil mudah berguling dan bergerak kemanapun ia suka dan biasanya melakukan gerakan serupa berulang kali. Disinilah peran playmat hadir, untuk mengajarkan bayi mengenai sebab akibat sehingga biarkan buah hati Anda bergerak bebas di atas playmatnya.

  •  Membantu peningkatan kemampuan bayi dalam menggenggam,

Setiap harinya bayi akan menunjukkan perkembangan yang luar biasa dan sering membuat orangtuanya kaget sekaligus kagum. Menyediakan playmat dengan beragam mainan yang saling menggantung akan merangsang buah hati untuk meraihnya. Tanpa sadar Kita sudah merangsang kemampuannya untuk mengambil dan juga menggenggam lebih erat. Artinya kemampuan motoriknya sudah terasah dengan baik sehingga bisa memegang barang apa saja lebih erat dan tidak mudah jatuh. Selain buah hati senang akan mainan orangtua sekaligus bisa membantu perkembangan kekuatan genggaman nya.

  •  Membantu meningkatkan kemampuan melihat si kecil,

Playmat biasanya dirancang dengan penggunaan warna-warna yang lucu dan mencolok, sehingga buah hati bisa menyadari kehadiran mainan di sekitarnya. Warna mencolok biasanya akan mengundang bayi untuk meraihnya sehingga orangtua disarankan menyediakan mainan dengan warna terang dan beragam. Menggunakan playmat membuat bayi lebih mudah melihat sebab kemampuan indra penglihatannya di rangsang setiap hari dengan warna dan bentuk menarik dari playmat itu sendiri.

  •  Mengasah kemampuan bayi untuk bergerak,

Melihat susunan warna dan mainan yang menggantung di atasnya akan membuat bayi ingin meraihnya sehingga lebih banyak bergerak. Tanpa sadar pemakaian playmat bayi ternyata juga merangsang kemampuannya untuk bergerak sesuai dengan apa yang dipikirkan. Kemampuannya akan semakin berkembang seiring berjalannya waktu dan mulai berkenalan dengan lebih banyak barang dan fungsinya. Mulailah merangsang kemampuan anak bergerak sejak dini dengan menyediakan playmat khusus untuk bayi.

Be the first to comment on "Kegunaan Playmat Bayi Memberikan Fungsi Ganda untuk Mendukung Perkembangan Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*