Kenali Beberapa Peralatan Bayi yang Perlu Diprioritaskan saat Menyambut Kehadiran Si Kecil

peralatan bayi

Semasa kehamilan terutama ketika sudah menginjak masa hendak melahirkan, orangtua biasanya mulai menyiapkan beragam peralatan bayi. Bayi yang baru saja lahir membutuhkan banyak perlengkapan atau peralatan seperti orang dewasa. Bedanya, jenis peralatan yang dibutuhkan si kecil supaya lebih nyaman dan pertumbuhannya maksimal jauh lebih beragam. Saking banyaknya jenis peralatan tersebut kerap membuat orangtua merencanakan jauh-jauh hari supaya tidak keteteran dan bisa terbeli semuanya.

Kala Terbentur oleh Budget Terbatas

Sayangnya tidak semua orangtua mampu membeli sebuah kebutuhan bayi baru lahir tersebut, sehingga berusaha memenuhi kebutuhan tertentu. Kecerdasan dalam memprioritaskan keperluan mana saja yang perlu didahulukan dan yang bisa ditunda dulu sangat penting. Sehingga budget yang terbatas tidak menghalangi kedua orangtua untuk memberikan yang terbaik kepada buah hati. Kemudian, penting juga memilih produk peralatan yang memang harganya sesuai dengan jangkauan finansial. Supaya tidak boros dan budget yang tersedia mencukupi.

Prioritas Peralatan Utama Ketika Bayi Lahir

Supaya mempermudah keinginan untuk menyediakan peralatan yang memang penting dan wajib ada ketika bayi baru lahir. Berikut beberapa jenis peralatan yang bisa diprioritaskan:

  • Menyediakan pakaian bayi,

Pakaian menjadi salah satu peralatan si kecil yang wajib disediakan dan didahulukan dibanding peralatan lainnya. Mengapa? Sebab ketika bayi baru saja lahir sudah memerlukan pakaian yang tidak hanya nyaman namun juga mampu menghangatkan tubuhnya.

Baca Juga:Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Wajib Anda Beli

Menyediakan pakaian untuk si kecil yang masih bayi dan mungil sebaiknya dalam jumlah yang terbilang lumayan. Pasalnya bayi baru lahir akan pipis setiap satu jam sekali atau bahkan dua kali per jamnya sesuai dengan kondisi. Gunakan popok kain yang bisa dicuci dan dipakai lagi supaya kulit bayi lebih sehat dan nyaman dengan peralatan bayi yang dikenakannya selalu bersih. Sediakan minimal sepuluh pasang baju dan popoknya sekaligus, lebih banyak lebih baik.

  • Menyiapkan peralatan tidur si kecil,

Peralatan penting untuk menyambut kehadiran si kecil yang perlu juga untuk didahulukan adalah perlengkapan untuk tidurnya. Bayi yang baru lahir sebaiknya ditidurkan di alas yang memang lembut dan empuk supaya selalu nyaman. Tempat tidur yang nyaman dan lengkap akan menjaga tidur bayi lebih nyenyak sehingga tidak mudah rewel. Istirahat yang cukup pada bayi akan membantu tumbuh kembangnya, sebab ketika tertidur bayi akan menyerap lebih baik semua nutrisi yang mampu diserapnya.

Supaya mempermudah menyiapkan semua peralatan tidur si kecil, perlu menyediakan beberapa perlengkapan berikut:

  • Jangan lupa menyediakan kelambu, supaya si kecil terlindung dari gigitan nyamuk dan serangga lainnya.
  • Sediakan perlak atau alas tidur bayi supaya ketika mengompol air pipisnya tidak terserap ke kasur.
  • Menyediakan bantal dan guling yang empuk dan lembut kemudian ukurannya juga sesuai pertumbuhan si kecil.
  • Menyediakan selimut, usahakan yang hangat dan lembut misal dari material kain katun atau wol.
  • Menyiapkan peralatan untuk mandi,

Satu lagi peralatan yang wajib disediakan lebih dulu untuk menyambut kehadiran si kecil ialah peralatan untuk mandi. Bayi yang baru lahir perlu dibiasakan mandi minimal 2 kali sehari supaya kulitnya tetap bersih dan terhindar dari iritasi. Peralatan untuk mandi si kecil ternyata lumayan banyak, misal handuk kecil, kain washlap, sikat untuk lidah, sisir yang lembut, bedak, minyak telon, dan lain sebagainya. Beberapa produk peralatan bayi untuk kebutuhan mandi menjual dalam bentuk paketan sehingga memudahkan orangtua menyediakan semua perlengkapan mandi si kecil.

Be the first to comment on "Kenali Beberapa Peralatan Bayi yang Perlu Diprioritaskan saat Menyambut Kehadiran Si Kecil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*