Kenali Ciri-ciri Kehamilan Bayi Kembar Saat Mengandung

Kenali Ciri-ciri Kehamilan Bayi Kembar Saat Mengandung

Dikaruniai bayi kembar tentu akan menjadi hal yang menyenangkan untuk para orang tua. Tak sedikit pasangan di dunia ini begitu mengidam-idamkan anak kembar, namun hanya segelintir orang tua yang diberikan kepercayaan oleh Tuhan untuk merawat mereka. Kebanyakan pasangan yang memiliki anak kembar tidak terlepas dari campur tangan genetik dalam sejarah keluarga mereka. Tapi beberapa pasangan juga memilih mengikuti program kehamilan kembar.

Kenali Ciri-ciri Kehamilan Bayi Kembar Saat Mengandung

Bagi yang mengidamkan anak kembar, hal yang paling ditunggu adalah masa kehamilan. Pasalnya ada beberapa ciri khusus yang mengindikasikan jika Anda akan dikaruniai bayi kembar dalam waktu dekat. Berikut adalah ciri-ciri kehamilan bayi kembar yang harus Anda ketahui.

  • Kenaikan Berat Badan yang Drastis

Ciri pertama Anda mengandung bayi kembar adalah kenaikan berat badan yang sangat drastis. Kenaikan berat badan adalah hal yang wajar bagi semua ibu hamil. Namun, jika perbedaan kenaikan berat Anda mencapai angka 4.5 kilogram pada usia kehamilan yang sama, bisa saja ini menjadi bayi yang Anda kandung merupakan kembar.

  • Morning Sickness

Hampir semua wanita hamil merasakan morning sickness, namun pada wanita yang mengalami masa kehamilan anak kembar biasanya mengalami morning sickness yang lebih berat. Penyebabnya adalah jumlah kadar hormone human chorionic gonadotropin (HC) lebih tinggi dari jika dibandingkan dengan kehamilan tunggal biasa.

  • Ukuran Perut yang Lebih Besar

Pada awal masa kehamilan, ukuran perut Anda sudah lebih besar jika dibandingkan dengan kehamilan normal di usia kandungan yang sama. Hal ini tentu saja disebabkan karena dalam perut Anda terdapat lebih dari satu janin yang sedang berkembang.

  • Gampang Lelah

Pada kehamilan kembar, rasa lelah cenderung lebih mudah dirasakan. Meski rasa lelah normal dirasakan oleh wanita hamil pada umumnya, namun wanita yang mengandung bayi kembar terasa lebih berat. Hal ini disebabkan karena dibutuhkan energi yang lebih besar untuk asupan gizi janin-janin yang sedang berkembang dalam kandungan Anda. Tak hanya itu, seiring bertambahnya usia kandungan, maka Anda akan merasa bobot kehamilan semakin berat.

  • Meningkatnya Detak Jantung

Jika selama masa kehamilan Anda merasa detak jantung bekerja lebih keras seperti kondisi saat Anda melakukan olahraga, maka Anda patut mencurigai janin yang Anda kandung merupakan bayi kembar. Meningkatnya detak jantung disebabkan karena penambahan berat badan yang drastis, janin yang jumlahnya lebih dari satu sedang Anda kandung dan peningkatan volume darah yang mencapai angka 70% membuat jantung Anda bekerja lebih terasa dari biasanya.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Sering Sesak Napas

Sesak napas adalah gejala normal yang terjadi pada ibu hamil. Namun, pada wanita yang mengandung bayi kembali, intensitas sesak napas lebih sering dialami. Hal ini disebabkan karena kandungan hormon progesterone yang tinggi dalam tubuh, jumlah janin yang lebih dari satu juga membuat diaphragm terdorong hingga menyebabkan si calon ibu merasa sesak saat bernapas.

 

Be the first to comment on "Kenali Ciri-ciri Kehamilan Bayi Kembar Saat Mengandung"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*