Kenali Ciri-ciri Mainan Bayi yang Beresiko Terhadap Keamanan dan Kesehatan Buah Hati

Kenali Ciri-ciri Mainan Bayi yang Beresiko Terhadap Keamanan dan Kesehatan Buah Hati

Tak hanya ketika sudah menginjak usia kanak-kanak saja orang tua mulai memperkenalkan pendidikan kepada buah hati mereka, melainkan pendidikan ini sudah bisa diperkenalkan sejak berusia bayi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membantu anak belajar diantaranya adalah dengan bermain, cukup dengan memberikan mainan bayi yang tepat untuk kebutuhan merangsang kecerdasan otak dan juga syaraf motorik kepada si kecil.

Semakin kesini ada semakin banyak kreasi terbaru produk mainan yang bisa dengan mudah didapatkan di pasaran, tentunya sesuai dengan kebutuhan buah hati. Namun di samping manfaatnya yang sangat banyak untuk membantu menghibur atau bahkan merangsang kecerdasan anak, ternyata juga ada bahaya yang mengintai si kecil. Tentunya bukan hal yang baru lagi bagi Anda jika ada banyak sekali mainan berbahaya yang dijual di pasaran.

Kenali Ciri-ciri Mainan Bayi yang Beresiko Terhadap Keamanan dan Kesehatan Buah Hati

Umumnya secara tidak sengaja karena bentuknya yang menarik begitu juga dengan fungsinya, maka banyak diantaranya yang kemudian memutuskan untuk membelikan mainan bayi tersebut untuk buah hati mereka, tanpa tau ada resiko berbahaya untuk keamanan dan juga kesehatan si kecil. Berikut ini setidaknya ada beberapa ciri mainan berbahaya yang wajib Anda waspadai, diantaranya adalah:

  1. Memiliki warna yang mencolok, warna-warna terang dan tergolong pekat memang bagus untuk merangsang mata mereka agar bisa lebih mudah membedakan warna, namun tidak bisa dipungkiri bahwa kebanyakan diantaranya dibuat dari bahan pewarna tekstil yang berbahaya. Umumnya pewarna semacam ini akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan seperti kerusakan ginjal sampai dengan hati pada jangka waktu lama.
  2. Memiliki aroma yang menyengat, umumnya aromanya seperti bahan kimia layaknya cat, jangan sepelekan hal ini, karena meskipun tidak terlihat, justru dengan aroma yang menyengat tersebut bisa memicu masalah pernapasan pada si kecil.
  3. Terbuat dari bahan yang mudah pecah atau retak, bahan-bahan layaknya tanah liat, kemudian juga bahan crayon bukan pilihan terbaik untuk bayi, karena pada umumnya bahan semacam ini sangat mudah rusak, bisa jadi nantinya serpihan atau pecahannya akan tertelan oleh buah hati, tentunya sangat berbahaya bukan.
  4. Memiliki bentuk yang runcing atau lancip pada salah satu ujungnya, karena memang di usia bayi mereka belum bisa menggunakan mainan secara tepat, maka hendaknya harus menghindari pemilihan yang semacam ini. Karena memang bentuk-bentuk tersebut berbahaya bagi buah hati jika menyebabkan mereka terluka.

 

Baca Juga Menilik Beragam Jenis Mainan Bayi yang Edukatif Usia 6 Bulan

Selektif dalam memilih tak hanya karena harganya yang murah, melainkan lebih kepada keamanan. Mainan bayi ini banyak sekali dijual di pasaran, diantaranya adalah mulai dari toko-toko pinggir jalan sampai dengan toko khusus, belilah yang sesuai dengan usia mereka, karena ini akan sangat membantu untuk mengembangkan kecerdasan otak mereka.

 

Be the first to comment on "Kenali Ciri-ciri Mainan Bayi yang Beresiko Terhadap Keamanan dan Kesehatan Buah Hati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*