Kenali Lima Tanda Bayi Siap MPASI Berikut Ini!

 

Pemberian ASI eksklusif memang lebih baik diberikan hingga usia 2 tahun. Namun sejak usia 6 bulan, bayi harus diperkenalkan dengan makanan pendamping ASI atau disingkat MPASI. Hal ini dikarenakan kebutuhan nutrisi bayi sudah tidak bisa diandalkan hanya dengan ASI. Oleh karena itu, bayi perlu diperkenalkan bahan makanan lain. Menu MPASI 6 bulan atau awal pemberian lebih baik berupa sumber karbohidrat. Patokan usia 6 bulan ini biasanya memang sistem pencernaan bayi sudah lebih kuat dan siap menerima selain ASI.  Tetapi pemberian MPASI pertama di usia 6 bulan ini bisa lebih cepat atau lebih lambat.

Nah, bagaimana tanda bayi siap MPASI? Berikut adalah tanda bayi siap MPASI yang dapat Anda perhatikan.

  1. Bayi bisa duduk tegak dan menegakkan kepala

Saat usia 4—5 bulan, bayi biasanya sudah bisa duduk tegak dan menyangga kepalanya sendiri. Hal ini karena struktur tulang lehernya sudah kuat. Tulang leher yang kuat ini penting karena menjaga leher tetap lurus saat menelan makanan. Jika hal ini belum dapat dilakukan dengan baik, lebih baik Anda menunda pemberian MPASI hingga bayi bisa duduk tegak dan menegakkan kepalanya.

  1. Bayi bisa didudukkan di kursi makan khusus anak

Yang tidak kalah penting adalah postur tubuh anak saat makan. Anda bisa membiasakan anak Anda duduk di high chair atau kursi untuk makan anak bayi saat belajar makan. Biasakan sejak pertama kali mengenalkan MPASi, bayi duduk bersama di meja makan. Bisa dikatakan bahwa ini adalah pengenalan makan bersama di meja makan. Sebisa mungkin menjaga anak tetap konsentrasi dengan makanannya, bukannya menyuapi sambil digendong atau menggunakan baby bouncer.

  1. Bayi mau membuka mulut lebar saat didekatkan sendok

Secara naluriah, bayi yang siap MPASI akan cenderung tertarik dengan makanan yang dimakan orang dewasa. Maka, biasanya saat didekatkan sendok di mulutnya, mulutnya pun akan membuka lebar lebar. Ini pun tentu karena meniru orangtuanya saat makan. Itu bisa jadi tanda bahwa bayi Anda siap MPASI.

  1. Bayi tertarik dengan makanan yang kita makan

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bayi yang siap menerima MPASI akan cenderung tertarik dengan apa yang kita makan. Dimulai dari memandangi setiap suapan kita bahkan akan merengek untuk sekedar bisa mencoba apa yang kita makan. Jika sudah begini, bisa jadi anak Anda telah siap menerima MPASI.

5.Perubahan pola makan dan pola tidur

Bayi yang sudah siap MPASI, biasanya kebutuhan nutrisinya sudah tidak bisa tercukupi hanya dari ASI. Oleh karena itu, frekuensi dan pola makannya pun berubah. Anak menjadi minum ASI lebih sering dari biasanya. Hal ini tentu karena perkembangan dari kapasitas lambungnya. Selain itu, bisa juga terjadi perubahan pola tidur, karena mungkin jadi sering terbangun menangis minta ASI. Jika demikian, maka bayi memang sudah siap menerima makanan tambahan.

Nah, itu dia lima tanda bayi siap menerima MPASI. Penting untuk diingat bahwa MPASI tidak hanya sekedar mengenalkan makanan saja. Namun MPASI penting untuk tumbuh kembang anak. Mulai dari mengasah indra penciuman, perasa, hingga motoriknya.

Anda pun juga harus mengatur gizi yang Anda berikan kepada anak Anda. Sebisa mungkin tidak menggunakan bahan makanan yang menimbulkan alergi pada anak. Hal ini bisa dengan mengevaluasi setiap bahan makanan yang diberikan pada anak, kemudian dilihat apakah timbul reaksi alergi atau tidak.

 

Be the first to comment on "Kenali Lima Tanda Bayi Siap MPASI Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*