Kenali Penyakit Campak Terhadap Anak

Kenali Penyakit Campak Terhadap Anak

Penyakit campak adalah penyakit yang disebabkan oleh virus RNA (family Paromyxavirus) yang hanya bisa menyerang manusia dan masuk ke tubuh manusia lewat saluran pernafasan. campak sangat mudah menular dan menyebar melalui air liur penderita lewat batuk atau bersin. Menurut WHO, penyakit ini menjadi penyebab uama kematian pada anak-anak pada tahhun 2010. Dan sebagian besar korbannya adalah anak-anak usia 5 tahun.

Kenali Penyakit Campak Terhadap Anak

Oleh karena itu, sangat penting untuk terus memperhatikan kesehatan balita yang masih sangat rentan terhadap berbagai penyakit. Sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk jeli melihat setiap perubahan pada ubuh si anak, karena ruam merah adalah ciri gejala campak.

Yukk kenali penyakit campak pada balita!

  • Gejala Campak

Penyakit yang ditularkan melalui udara ini selain memiliki gejala adanya ruam merah pada kulit juga mempunyai beberapa gejala lain yang  perlu diwaspadai oleh para orang tua, berikut adalah gejala campak:

Dimulai dengan demam diatas 38 derajat celcius yang berkelanjutan disertai batuk dan pilek, bisa ditemui muntah dan mencret. Selanjutnya yaitu munculnya ruam merah pada kulit anak dari kepala, leher, dan perlahan-lahan menyebar ke bagian tubuh lain. Bibir pecah-pecah dan mata terlihat berair. Muncul spot berwarna gelap dengan titik putih yang biasnaya ditemui di dalam mulut, pipi dan tenggorokan.

  • Kapan perlu ke dokter?

Segeralah pergi ke dokter jika mencurigai anggota keluarga terinfeksi penyakit  campak. Jika belum menerima vaksin campak dan terinfeksi, mintalah ke dokter untuk menerima vaksin untuk mencegah infeksi.

  • Pengobatan campak

Belum ada obat untuk mengobati penyakit ini. Virus dan gejala biasnaya akan hilang 2-3 minggu. Dokter biasanya akan memberikan obat untuk meredakan gejalanya.

Supaya lebih membantu, ikuti hal-hal berikut ini:

  • Berikan obat yang mengandung paracetamol sesuai dengan dosis dokter untuk meredakan demam dan nyeri
  • Jangan memberikan aspirin dan sejenisnya
  • Usahakan agar cahaya ruangan terkondisikan agak redup
  • Sesekali bersihkan mata dengan handuk yang telah direndam dengan air hangat
  • Mintalah anak untuk minum air dengan banyak,karena pada saat demam anak kehilangan cairan lebih cepat
  • Bila batuk, berikan segelas air hangat yang dicampur dengan satu sendok lemon dan dua sendok madu
  • Sebaiknya balita tinggal di rumah dan tidak melakukan aktivias diluar rumah atau bermain dengan teman-temanya
  • Berikan asupan vitamin A

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Cara Mencegah Campak

Cukup lakukan imunisasi (imunisai campak pada bayi diberikan pada umur 9 bulan). Bisa juga vaksinasi MMR biasanya diberikan padausia 12-15 bulan dlanjutkan pada usia 4-6 tahun. Orang dewasa yang belum pernah menerima imunisai bisa meminta vaksin ke dokter.

Itulah bebarapa hal mengenai penyakit campak yang perlu dikenali. Yang tak kalah penting adalah si kecil tetap mendapatkan pelukan hangat dari orang tuanya.

Be the first to comment on "Kenali Penyakit Campak Terhadap Anak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*