Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui

Semua ibu ingin memberikan yang terbaik dengan memberikan ASI,  namun bagi sebagian ibu proses menyusui memerlukan perjuangan yang tidak mudah. Misalnya di awal bulan pertama ibu harus berjuang agar ASI keluar dengan lancar, kemudian saat gigi-gigi mungilnya tumbuh ibu harus berjuang menahan sakit karena gigitan bayi di puting saat menyusui.

Demi kesehatan dan kebahagiaan buah hati banyak ibu yang menahan rasa sakit itu. Namun tidak sedikit yang merasa trauma dan memilih menggunakan pompa ASI. Ada beberapa penyebab mengapa bayi menggigit puting.

Penyebab Bayi menggigit Puting

Bayi memiliki cara berkomunikasi yang unik, ia akan mengungkapkan perasaannya melalui tangisan, tawa, menghentakan anggota tubuhnya atau menggigit puting saat sedang menyusu. Gigitan bayi tidak mungkin tanpa sebab, pasti ada sebabnya. Apa yang menjadi penyebab bayi mengigit puting, simak ulasannya berikut ini:

  • Menggigit karena rasa linu di gusi akibat tumbuh gigi

Saat tumbuh gigi bayi merasakan aneh di sekitar giginya, mungkin terasa gatal dan kasar. Ia senang menggigit apa pun benda yang ia pegang umumnya terjadi saat bayi memasuki usia 6 bulan. Untuk mengurangi dan menyalurkan keinginannya menggigit, Anda bisa memberikan pengalihan dengan mainan teether yang steril dan aman.

  • Menggigit karena ingin bercanda

Saat menyusu tidak selalu bayi dalam kondisi tidur. Saat awal  biasanya dia akan bercanda dulu dan memperhatikan wajah ibunya. Saat-saat seperti itu tentu akan Anda balas dengan candaan pula, saat bayi tertawa ia akan menggingit puting.

Baca juga: Posisi Ibu Menyusui yang Membuat Bayi Nyaman

  • Menggigit sebagai bentuk protes

Saat menyusui mungkin perhatian tidak selalu ke bayi, kadang saat menyusui ibu melakukan aktivitas lain, seperti main handphone, baca buku, nonton televisi, atau ngobrol dengan suami. Melihat ibunya sibuk bayi melakukan protesnya dengan cara menggigit puting sebagai bentuk meminta perhatian. Jika demikian, sebaiknya fokus ke bayi. Beri tatapan yang lembut, belai rambutnya, sentuh pipinya, selipkan jari tangan Anda ke telapak tangan agar ia bisa menggenggam, sentuh telinganya. Memberikan sentuhan saat menyusui bisa membuat ikatan emosional lebih kuat.

Cara Menghentikan Bayi Menggigit Puting

Dengan mengetahui apa yang menjadi penyebab bayi suka menggigit puting Anda bisa mencegahnya dengan mengalihkan dan memberikan pengertian dan respon yang cepat.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah puting digigit adalah pastikan posisi saat menyusui sudah benar dan nyaman, beri susu jika bayi benar-benar menginginkannya atau lapar, dan berikan perhatian penuh saat sedang menyusui.

Sebaiknya jangan berteriak saat bayi menggigit karena bisa membuat bayi terkejut dan menangis. Cara yang paling tepat adalah menarik sedikit demi sedikit puting Anda keluar sambil ajak bicara, “Nak, jangan gigit mama yah, nanti mama sakit. Kalau mama sakit putingnya nanti tidak bisa nenen lagi.” Ucapkan dengan lembut.  Cara tersebut selain untuk menghentikan gigitan bayi juga bisa meningkatkan hubungan emosional.

Be the first to comment on "Kenali Penyebab dan Cara Mengatasi Gigitan Bayi Saat Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*