Ketahui Kesalahan Penggunaan Stroller Bayi yang Membahayakan Keselamatan Berikut Ini!

Ketahui Kesalahan Penggunaan Stroller Bayi yang Membahayakan Keselamatan Berikut Ini!

Stroller bayi saat ini menjadi barang wajib yang hampir dimiliki oleh para ibu yang memiliki balita. Meskipun berharga mahal, namun penggunaannya dinilai lebih nyaman untuk orang tua dibandingkan dengan menggunakan gendongan. Terlebih jika harus mengajak anak bepergian ke luar rumah untuk sekedar jalan-jalan di sekitar rumah atau pergi ke mall. Menggunakan stroller dinilai tidak akan membuat badan pegal-pegal saat harus mendorongnya.

 Ketahui Kesalahan Penggunaan Stroller Bayi yang Membahayakan Keselamatan Berikut Ini!

Stroller memang bisa menjadi pengganti gendongan yang dinilai lebih praktis dan nyaman. Namun sayangnya, dalam penggunaannya ada beberapa yang kurang sesuai atau salah, sehingga berujung membahayakan keselamatan bayi. Beberapa yang sering kita temui dan mungkin juga dilakukan oleh sebagian dari kita, antara lain:

  • Menempatkan banyak barang di dalam stroller.

Meletakkan barang terlalu banyak di dalam stroller bayi hanya akan membuat anak tidak nyaman, tidak leluasa bergerak, dan bisa kesulitan bernafas. Jika tempat duduk pada stroller sudah empuk dan nyaman, maka sebaiknya tidak perlu menambahkan bantal pada stroller. Mainan-mainan bayi biasanya juga sering diletakkan di dalam stroller dengan tujuan agar anak tidak rewel. Namun hal, sebaiknya juga tidak dilakukan karena akan membuat stroller menjadi penuh dan sesak. Anak menjadi tidak leluasa bergerak dan tidak sumpek.

  • Lupa mengunci roda.

Saat meninggalkan anak dalam stroller meskipun sebentar, jangan lupa untuk selalu mengunci roda stroller. Hal ini demi keselamatan bayi Anda. Stroller yang telah dikunci tentu tidak akan bergerak kemana-mana atau meluncur bebas saat berada di tempat dengan lantai yang licin atau jalanan menurun.

  • Menggunakan selimut tebal pada bayi.

Beberapa orang tua sering memakaikan selimut tebal pada anaknya saat berada di stroller. Tujuan utamanya agar anak terhindar dari paparan dari udara luar yang dingin maupun paparan sinar matahari. Namun tahukah Anda? Hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena bisa meningkatkan suhu di dalam stroller dan sirkulasi udara menjadi terhambat. Dampak buruknya, bayi bisa terkena serangan jantung mendadak atau kondisi yang lebih berbahaya lainnya.

  • Pengaturan kemiringan sandaran stroller yang tidak nyaman.

Untuk bayi yang belum bisa duduk dengan tegak, maka saat menggunakan stroller sebaiknya atur posisi sandaran stroller lebih rendah dengan posisi seperti untuk tidur. Ubah kemiringan sandaran sampai bayi merasa nyaman dan pas. Seiring dengan perkembangan anak, jika sudah bisa duduk tegak pun bisa Anda sesuaikan kembali kemiringan sandaran yang lebih nyaman agar bayi tidak merasa pegal di dalam stroller.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

  • Posisi saat membawa stroller di escalator.

Stroller bayi menjadi benda yang hampir selalu digunakan oleh orang tua saat mengajak bayi mereka bepergian ke mall. Selama ini penggunaan stroller di escalator masih banyak yang salah dan beresiko membahayakan bayi. Saat menuruni escalator, seharusnya posisi stroller tidak menghadap ke lantai bawah, melainkan menghadap ke lantai atas. Dengan menghadapkan stroller ke arah atas, akan lebih aman untuk bayi karena terhindar dari resiko terjatuh. Atau jika Anda ingin lebih amannya, lebih baik menggunakan lift sebagai alternatif lain.

 

 

Be the first to comment on "Ketahui Kesalahan Penggunaan Stroller Bayi yang Membahayakan Keselamatan Berikut Ini!"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*