Ketahui Makanan Bayi Yang Sehat

Ketahui Makanan Bayi Yang Sehat

Makanan bayi terbaik sebenarnya adalah ASI namun seiring dengan perkembangan usianya kebutuhan nutrisi juga perlu ditambahkan. Jadi setelah masuk dalam usia yang lebih dari 6 bulan diperbolehkan untuk mulai mengenalkan dan memberikan makanan tambahan bayi bayi.

Ketahui Makanan Bayi Yang Sehat

Namun yang perlu diingat adalah memberikan makanan bayi hanya berupa sebagai makanan tambahan. Jangan membiasakan untuk memberikan bubuk formula atau makanan padat sejak belum berusia 6 bulan, hal ini tentu akan memberikan dampak terhadap tumbuh kembangnya.

Sebagai orang tua yang bijak tentu memerlukan sebuah langkah yang baik yaitu mengenali kondisi bayi jika memang sudah siap untuk mendapatkan makanan tambahan. Diperlukan juga aturan seperti jenis makanan sampai mengatur jadwal agar nutrisi yang ia peroleh tetap akan seimbang dengan pemberian asi.

Seorang bayi biasanya telah menunjukkan ciri-ciri yang menandai bahwa ia telah siap untuk diberikan makanan bayi. Tanda ini biasanya memang dimulai bila sudah menginjak usia  6 bulan. Ketahui ciri bayi yang telah siap menerima mpasi berikut ini :

  1. Telah adanya koordinasi antara mata, mulut, dan juga tangan, biasanya bayi akan memberikan tanda dengan mulai bisa meraih dan memasukkan apa saja ke dalam mulutnya.
  2. Bayi sudah bisa belajar untuk duduk sendiri dan tubuhnya sudah bisa menyangga kepalanya dengan cukup kuat
  3. Bayi menunjukkan ketertarikan terhadap makanan yang tengah orang lain sekitarnya konsumsi
  4. Bayi sudah sanggup untuk menelan,biasanya jika belum bisa maka mereka akan memuntahkannya kembali.

Jika sudah menemukan ciri-ciri diatas pada anak anda maka tak ada salahnya untuk memulai memberikan makanan bayi yang sehat, sebisa mungkin hindari memberikan bubur instan dan ganti dengan membuatkan sendiri bubus bayi agar kalian bisa memastikan kandungan nutrisi yang akan diberikan. Biasakan sedari kecil untuk mengkonsumsi sayuran yang sehat, nah untuk makanan sehat yang bisa diberikan bisa dilihat dibawah ini :

  • Beras dan asi

Untuk permulaan kalian bisa memulai dengan memberikan bubur yang dibuat dari nasi merah atau putih yang kemudian dicampur dengan asi agar mereka mulai mengenal terlebih dahulu.

  • Alpukat

Mulai mengenalkan sayur dan buah juga merupakan makanan yang sehat, seperti alpukat. Karena kandungan gizinya yang tinggi maka kalian bisa memberikaannya pada bayi. Untuk mempermudah dalam menelan maka haluskan alpukat dan jadikan sebagai bubur.

  • wortel

kaya akan vitamin A yang sehat untuk mata maka wortel bisa jadi pilihan, bisa dijadikan sebagai bubur ataupun dengan memberikannya dalam potongan kecil yang telah dikukus.

Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Di atas adalah beberapa informasi mengenai makanan bayi yang sehat dan bisa dijadikan sebagai alternatif. Banyak jenis sayur dan buah yang lain yang bisa ditambahkan untuk memperkaya indra perasa dari bayi, selamat mencoba.

Be the first to comment on "Ketahui Makanan Bayi Yang Sehat"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*