Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi

Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi
Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi

Menentukan mainan bagi anak terutama bayi tentu harus menggunakan pertimbangan, pastikan bahwa mainan tersebut memiliki manfaat bagi perkembangan bayi anda. Karena banyaknya pilihan mainan yang banyak dijual maka orang tua dituntut untuk lebih selektif dalam memilih, sebagai rekomendasi yang baik kalian bisa memilih playmat bayi.

Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi

Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi

Meskipun playmat bayi hanya terlihat seperti matras namun ini tidak menjadikannya sebagai mainan yang tidak emmiliki fungsi lebih karena permainan ini tidak hanya berfungsi sebagai mainan biasa saja tetapi mampu memberikan stimulus yang baik bagi pekermbangan dan pertumbuhan anak anda.

Untuk mengetahui manfaat yang lain lagi maka perlu kalian simak informasinya dibawah ini :

  • Kemampuan sensorik

Playmat bayi biasanya terbuat dari bahan yang memiliki warna yang terang , ini penting bagi bayi untuk bisa merangsang stimulasi warna. Pilihlah yang memiliki warna-warna cerah serta kontras. Selain itu beberapa playmat juga memiliki tambahan maianan lain yang terbuat dari plastik yang lembut ini tentu juga bisa membantu anak mengenal tentang bentuk benda. Dan juga biasanya permainan ini dilengkapi dengan kotak musik yang bisa diputar untuk merangsang kemampuan sensorik pendengaran pada bayi.

  • Kemampuan kognitif

Selain berfungsi untuk merangsang kemampuan sensorik ternyata playmat juga memiliki fungsi untuk merangsang kemampuan kognitif ini dikarenakan bayi biasanya akan bermaian dengan cara tiduran atau tengkurap dan akan melakukannya secara terus menerus. Namun pada saat sudah berusia diatas 4 bulan bayi sudah mulai sadar akan tindakan yang dilakukannya.  Sehingga penggunaan playmat yang memiliki suara akan membantu bayi berfikis lebih logis dan mampu mengenal sebab akibat.

Selain manfaat yang didapat dari penggunaan playmat bayi tak ada salahnya juga untuk memahami tentang cara pemilihan permainan ini dengan tepat yaitu :

  • Pastikan sesuai dengan perkembangan bayi

Pilihlah playmat yang memiliki fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan bayi anda, seperti tekstur dan fitur. Contoh nya adalah yang memiliki mainan binatang dan juga suara binatang. Atau bisa juga memilih playmat yang akan bersuara jika diinjak, ini tentu akan cocok digunakan bagi anak yang sudah belajar berjalan.

  • Pilih ukuran yang sesuai

Pemilihan ukuran playmat juga penting harus disesuaikan dengan perkembangan bayi pilihlah yang lebih lebar agar bayi bisa bergerak lebih bebas dan juga pilihlah yang memiliki alas yang tebal supaya bayi merasa nyaman dan tentu saja tidak membahayakan bagi dirinya.

Diatas adalah informasi mengenai playmat bayi yang bisa menjadi referensi bagi kalian orang tua muda yang menginginkan anak bisa tumbuh kembang lebih baik. Pilihlah permainan yang memang memiliki manfaat bagi sang anak agar mereka tidak hanya bermain tetapi juga bisa sekalian belajar. Sekian dan semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Be the first to comment on "Ketahui Manfaat Penting Playmat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*