Ketahui Mitos dan Fakta Bagi Ibu Menyusui

Ketahui Mitos dan Fakta Bagi Ibu Menyusui

Seperti yang diketahui bahwa kita tinggal di negara yang memang mempercayai segala sesuatu yang belum jelas sumbernya. Sebuah larangan bisa disampaikan namun jika ditanyakan alasannya hanya bisa mendapatkan jawaban bahwa hal itu merupakan ucapan dari leluhur. Termasuk juga bagi ibu menyusui banyak sekali mitos yang telah tersebar di masyarakat.

Ketahui Mitos dan Fakta Bagi Ibu Menyusui

Hal ini tentu menjadi sebuah dilema bagi ibu menyusui ,untuk itu sebagai orang yang telah berpendidikan maka sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu mengenai mitos dan fakta yang ada sehingga kita bisa menentukan apakah itu merupakan hal yang layak untuk dilakukan atau bukan.

Nah sebagai tambahan informasi maka akan sampaikan beberapa mitos dan fakta mengenai menyusui yang perlu diketahui berikut ini :

  • Mitos : Stok AsI menurun

Banyak yang bilang bahwa menyusui terlalu sering akan membuat stok asi manjadi menurun namun faktanya adalah jika rutin menyusui produksi asi akan bisa menyesuaikan denagn jadwal dan kebutuhan dari si bayi. Pada saat masih dalam kondisi pertumbuhan maka tubuh juga akan menyesuaikan jumlah asi dengan kebutuhan yang memang diperlukan. Kondisi ini akan kembali normal jika memang bayi sudah tidak dalam kondisi nafsu makan yang tinggi.

Baca juga: 5 Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

  • Mitos : meyusui harus ada jeda

Fakta yang sangat menakjubkan adalah sepasang ibu dan anak sudah pasti memiliki kebutuhan dan ketersediaan yang sama. Ibu menyusui sudah pasti selalu memproduksi asi jadi akan selalu ada bila memang dibutuhkan tidak perlu khawatir payudara kosong dan tidak tersedia asi lagi. Bisa dibilang bahwa sudah ada ikatan tersendiri yang telah dibangun antara tubuh bayi dan ibunya.

  • Mitos : tidak boleh membangunkan bayi meskipun waktunya minum asi

Mungkin ini bisa masuk dalam kategori mitos tetapi juga memiliki fakta karena biasanya bayi yang telah butuh asi maka akan memberikan tanda dan membuatnya terbangun dengan sendirinya. Namun juga perlu diperhatikan bahwa bayi yang baru lahir atau sakit perlu untuk usaha supaya mereka tetap minum minimal 8 kali sehari.

  • Mitos : menggunakan kedua payudara untuk menyusui

Ini merupakan fakta sebisa mungkin ibu menyusui untuk menyeimbangkan agar produksi asi juga akan seimbang untuk payudara kiri maupun kanan. Tipsnya adalah untuk mengingat payudara sebelah mana yang digunakan untuk menyusui sebelumnya.

  • Mitos : ibu harus minum susu

Untuk memproduksi asi seorang ibu tidak harus selalu mengkonsumsi susu juga, nutrisi bisa didapatkan dari sayuran,buah, dan makanan yang mengandung protein.

Itulah tadi sedikit informasi mengenai mitos dan fakta yang perlu diketahui bagi seorang ibu menyusui , semoga informasi ini bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan bagi kalian yang terlalu percaya pada sesuatu yang berbau mitos.

Be the first to comment on "Ketahui Mitos dan Fakta Bagi Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*