Kiat Mencegah Ruam Popok Pada Bayi

Ruam popok ialah masalah kulit yang umum terjadi pada bayi akibat infeksi di sekitar wilayah popok seperti pantat dan paha bayi. Masalah ini terjadi apabila wilayah popok tidak steril dan terkontaminasi urine atau fesses dari pemakaian popok bayi yang lama tidak diganti. Itulah sebabnya bakteri yang menempel menyebabkan infeksi kulit sekitar area popok bayi. Biasanya gejala infeksi juga menyebabkan kemerahan dan rasa gatal yang membuat si kecil merasa tidak nyaman untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Bayi akan lebih rewel dan menangis jika mengalami masalah ruam pada kulit.

 Ruam kemerahan yang terjadi di sekitar wilayah popok juga seringkali menimbulkan jerawat dan membengkak sehingga hal ini harus dicegah dan disiasati sedemikian rupa agar tidak mengganggu kenyamanan si kecil dalam beraktivitas. Selain itu, mencegah ruam juga dilakukan agar resiko infeksi yang lebih buruk dapat dicegah optimal. Berikut ini beberapa tips dan kiat mencegah ruam pada area popok yang umum dialami oleh bayi dan anak-anak, yaitu:

  •  Jaga bayi tetap kering dan bersih.

Menjaga kebersihan merupakan kunci utama yang harus dilakukan untuk mencegah ruam atau infeksi pada kulit buah hati Anda. Pastikanlah kondisi pokok dan pantat bayi selalu bersih dan kering sehingga bebas lembab yang dapat memicu bakteri ataupun kuman. Apabila popok bayi sudah mulai basah atau mengandung kotoran, segeralah ganti popok tersebut untuk mencegah infeksi bakteri dan kuman. Menjaga bayi tetap kering dan bersih juga bertujuan agar ia selalu nyaman dan tidak risih dalam melakukan aktivitasnya. Ketika mengganti popok, jangan lupa untuk membersihkan dan mengeringkan area popok agar kulit selalu terlindung dari kuman.

Baca Juga : Cara Memilih Susu Pertumbuhan Bayi

  •  Pakai popok yang tepat.

Ada banyak jenis dan model popok yang dapat dipakai untuk si kecil di rumah atau ketika berpergian. Agar ruam popok dapat dicegah, maka pilihlah popok yang tepat dan aman sehingga pemakaiannya membuat si kecil selalu merasa nyaman. Popok yang digunakan harus lembut, halus dan ukurannya pas. Selain itu, pemasangan popok juga jangan sampai terlalu ketat supaya kulit bayi tetap bisa bernafas dan tidak sesak atau menimbulkan lecet yang berpotensi menyebabkan ruam. Pemakaian popok yang tepat juga dilakukan supaya aktivitas gerak bayi semakin mudah dan tidak terbatas. Itulah sebabnya memilih popok yang tepat menjadi salah satu kiat mencegah ruam.

  •  Perhatikan asupan makanan.

Ruam pada area popok juga dapat disebabkan karena adanya infeksi akibat alergi terhadap makanan. Bagi para orang tua, memperhatikan asupan makanan si kecil sangatlah penting, harus sehat, tepat dan bermanfaat. Jangan sampai makanan yang diberikan memberi efek alergi pada kulit si kecil dan menyebabkan ruam. Karena biasanya, alergi makanan dapat menyebabkan ruam di berbagai area, bukan hanya sekitar paha atau wilayah popok saja. Maka dari itu, cermatilah setiap makanan yang Anda berikan pada si kecil supaya ia selalu sehat.

 Berbagai kiat mencegah ruam popok di atas perlu diterapkan supaya si kecil selalu merasa nyaman dalam beraktivitas. Kondisi tubuh yang bersih dan bebas lembab di sekitar area popok membuat kesehatannya selalu terjaga. Beragam kiat tersebut juga dilakukan supaya si kecil bebas resiko alergi ataupun infeksi kulit di area popok, gatal-gatal dan lain sebagainya. Dengan demikian, resiko buruk akibat infeksi yang terjadi oleh kuman yang menempel di bagian area popok dapat dicegah sebelum terlambat.

Be the first to comment on "Kiat Mencegah Ruam Popok Pada Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*