Kriteria Bak Mandi Bayi Yang Berkualitas

Aktivitas memandikan bayi tidak sekadar membuatnya bersih dan harum saja, namun lebih dari itu. Memandikan bayi menjadi momen dan kesempatan menghabiskan waktu bermain bersamanya. Agar momen memandikan bayi lebih menyenangkan perlu menyiapkan semua perlengkapan mandi, seperti bak mandi bayi, sabun, shampoo, handuk dan lain sebagainya.

Sekarang banyak model dan jenis bak mandi yang unik, misalnya bak mandi yang bentuknya bebek, bak mandi yang bisa dilipat, bak yang terbuat dari karet, dsb. Khusus untuk bak mandi, para orang tua perlu mengetahui dan memahami beberapa kriteria standar bak mandi yang tepat antara lain:

Bahan Terbuat Dari Plastik

Memilih bak mandi bayi sebaiknya yang terbuat dari plastik. Kelebihan bak mandi bayi yang terbuat dari plastik adalah lebih ringan sehingga mudah untuk dipindah-pindah sesuai kebutuhan. Pilih bahan plastik yang aman, ringan, kuat dan tidak mudah melengkung. Salah satu bahan yang direkomendasikan adalah polypropylene plastic.

Bahan plastik yang berkualitas ciri-cirinya tidak mudah mengelupas atau berserabut akibat terkena air panas.  Selain itu pastikan permukaannya halus dan tidak terlalu licin. Permukaan yang kasar bisa membuat kulit bayi tergores sehingga membuat kegiatan mandi menjadi tidak nyaman dan yang dikhawatirkan bayi menjadi trauma dan tidak menyukai jam mandi.

Kaki Bak Mandi yang Anti Slip

Upaya mencegah bak mandi bergeser atau terjatuh adalah memilih kaki bak yang memiliki alas di bagian kakinya. Saat ini sudah banyak jenis bak yang menyediakan pengaman pada bagian kaki yang ditutup karet.

Baca Juga : Manfaat Playmat Bayi Untuk Mendukung Perkembangan dan Pertumbuhan Buah Hati

Bentuk Bak Mandi

Bak khusus bayi didesain mengikuti tubuh mungilnya dengan bentuk yang beragam. Anda boleh memilih bentuk apa pun, namun hindari bentuk bak mandi dengan sudut yang tajam. Pertimbangkan pula ukuran bak sesuai usianya. Jika bayi sudah berusia lebih dari setahun jangan gunakan bak yang terlalu besar maupun yang terlalu sempit.

Beragam jenis dan model bak mandi membuat harga yang dibandrol berbeda-beda. Anda bisa memilih sesuai kemampuan.  Jika kantong Anda pas-pasan bisa pilih bak dengan model yang biasa namun tetap mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan saat digunakan. Sedangkan jika Anda memiliki dana lebih bisa memilih bak mandi yang sudah dilengkapi dengan alat pengukur suhu.

Saat mandi terutama untuk bayi yang sudah berumur 6 bulan ke atas cenderung tidak bisa diam. Ia akan menggeliat geliat membuat kita kesulitan membersihkanya. Cara agar membuat anak tenang saat mandi adalah meletakkan mainan sebagai teman mandi. Anda bisa memilih mainan yang terbuat dari plastik ringan. Hindari mainan yang mudah menyerap air karena bayi cenderung memasukkan mainannya kedalam mulut. Nah, jika demikian dikhawatirkan air mandi yang sudah tercampur sabun terminum.

Demikian pembahasan mengenai criteria atau standar bak untuk bayi yang berkualitas. Semoga artikel ini membantu pembaca khususnya bagi yang sedang mencari bak mandi bayi.

Be the first to comment on "Kriteria Bak Mandi Bayi Yang Berkualitas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*