Lakukan 2 Cara Ini Jika Kondisi Kehamilan Bayi Sungsang

Seiring usia kandungan janin di dalam perut terus bergerak. Dari pergerakannya tersebut mendekati kelahiran posisi kepala janin menjadi di bawah. Namun kadang ada kondisi bayi yang sulit berada di posisi tersebut atau dikenal dengan istilah bayi sungsang.

Kondisi bayi sungsang menyebabkan ibu sulit melahirkan dan biasanya harus menjalani operasi caesar. Itu sebabnya pada waktu mendekati kelahiran, posisi janin harus normal, yaitu: kepalanya berada di bawah dekat dengan rahim. Posisi ini membantu ibu memberi dorongan untuk melahirkan normal.

Baca juga: Tips Mengembalikan Posisi Bayi Sungsang Agar Kembali Normal

Posisi yang sungsang tidak menunjukkan tanda-tanda sebelum persalinan, Namun Anda bisa mengetahuinya dengan cara melakukan USG ke dokter saat mendekati kelahiran. Lalu bagaimana jika posisi bayi ternyata sungsang? Anda jangan khawatir berikut ini kami akan memberikan tips cara mengatasinya.

Melakukan External Cephalic Version

Jika kondisi janin di dalam kandungan sungsang biasanya dokter akan menyarankan untuk melakukan external cephalic version atau EVC, agar posisi kepala bayi menjadi di bawah. Tapi apabila kondisi hamil kembar, kelainan pada sistem reproduksi, masalah plasenta dokter tidak menyarankan untuk melakukan ECV.

ECV dilakukan dengan cara memberikan tekanan yang kuat pada perut menggunakan tangan agar janin mengubah posisinya.

Melakukan Olahraga

Posisi bayi bisa dirubah dengan cara olahraga. Ada beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan, yaitu:

  • Breech tilt yaitu posisi tubuh berbaring di lantai dengan posisi kedua kaki di atas kursi. Simpan bantal di bawah bokong Anda, sampai posisi membentuk 45 derajat. Tetap berada di posisi ini maksimal 15 menit atau sampai Anda tidak nyaman.
  • Berjalan santai merupakan olahraga yang paling mudah dilakukan selama kehamilan. Dengan berjalan dapat membantu janin ke posisi yang tepat. Cobalan jalan selama 30 menit setiap hari.
  • Posisi lutut dan dada. Caranya duduk berlutut di lantai lalu tempatka kepala atau dahi Anda di lantai (seperti posisi sedang sujud). Agar lebih nyaman bisa tempatkan bantal di bagian lutut dan kepala. Pertahankan posisi ini kurang lebih 15 menit, lakukan gerakan sebanyak 3x sehari.

Selain cara-cara tersebut penting untuk memperhatikan gaya hidup dan pola makan yang benar. Namun apabila Anda sudah melakukan cara-cara yang sudah kita bahas di atas namun posisi bayi belum berubah, sebaiknya Anda melahirkan dengan cara operasi caesar. Cara ini disarankan untuk dilakukan dan merupakan cara yang paling aman. Apabila dipaksakan melahirkan normal dikhawatirkan terjadi komplikasi pada bayi dan berbahaya bagi keselamatan ibu dan bayi Anda.

Demikian informasi yang kami berikan seputar kehamilan bayi sungsang. Semoga proses kehamilan dan melahirkan Anda berjalan lancar tanpa ada hambatan.

Be the first to comment on "Lakukan 2 Cara Ini Jika Kondisi Kehamilan Bayi Sungsang"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*