Langkah-langkah Memandikan Bayi Secara Benar

Air saja memang tak cukup dipakai untuk memandikan bayi, mengingat kandungannya belum efektif dalam menghilangkan kotoran dan kuman yang menempel pada tubuh mereka. sehingga para orang tua juga harus melengkapinya dengan sabun dan beberapa sarana kosmetik pendukung. Namun juga harus berhati-hati dalam memilih, karena kulit si kecil masih dalam kondisi yang begitu sensitif sehingga bisa saja menjadi penyebab munculnya iritasi atau masalah-masalah kesehatan yang lainnya.

Banyak diantara ibu mudah yang belum bisa memandikan si kecil sendiri, dengan berbagai alasan karena takut akan menyakiti mereka ataupun takut salah posisi yang berbahaya bagi postur tubuh si kecil, sehingga lebih mempercayakan pada yang sudah ahli. Namun lama kelamaan nantinya Anda tetap akan dituntut untuk memandikan buah hatinya sendiri, sehingga bisa mulai belajar dari sekarang. Jika dibiasakan sedini mungkin tentunya bukan sebuah masalah untuk mengatasinya kedepannya nanti.

Berikut ini ada pedoman mudah dalam memandikan bayi, yaitu:

Baca juga: Seputar Cara Memandikan Bayi Dan Hal-Hal Yang Harus Dihindari

  1. Perhatikan air yang akan digunakan, hendaknya memandikan dengan memakai air hangat, suhunya tidak terlalu panas sehingga bisa menyakiti kulit bayi. Air hangat ini memiliki efek reaksi dan juga sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh mereka, jadi tak mudah sakit. Suhu yang paling tepat adalah 32 hingga 37 derajat celcius. Pastikan untuk mencobanya terlebih dahulu di tangan.
  2. Gunakan satu tangan Anda untuk menopang bagian punggung, leher dan juga kepala, satu tangan ini sudah cukup untuk mengangkat buah hati namun terkadang orang tua yang masih pemula akan kesulitan, sehingga harus dilakukan perlahan. Terus topang ketika membersihkan bagian-bagian tubuh si kecil.
  3. Mulai dengan cara mengeramasinya, gunakan jenis shampo khusus yang tak pedih di mata dengan formula untuk melebatkan rambut si kecil, bilas hingga bersih.
  4. Area pertama yang harus dipersiapkan adalah pada bagian wajah, membiasakan area wajah ini terkena air, kemudian berlanjut ke bagian bawah, yaitu dada, dan juga kemaluannya. Pastikan untuk membersihkan dengan menggunakan sabun juga agar tak ada kuman yang menempel. Setelah semua area depan dibersihkan bilas menggunakan air sehingga tak licin ketika akan dibalikkan.
  5. Balik posisi buah hati Anda kemudian bersihkan bagian punggungnya hingga ke bagian bokong. Jangan terlalu lama jika tak ingin si kecil menangis.
  6. Setelah semua bagian tubuh bersih dari sisa sabun segera selimuti mereka dengan handuk hingga kering, kemudian balut tubuh menggunakan minyak kayu putih untuk membuat badannya lebih hangat.

Sangat mudah bukan, lakukan secara perlahan sehingga terbiasa nantinya. Jika memang belum bisa menopang hanya dengan satu tangan, maka Anda dapat meminta bantuan satu orang lagi dalam memandikan bayi.

 

 

Be the first to comment on "Langkah-langkah Memandikan Bayi Secara Benar"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*