Lima Makanan Sehat untuk Mengurangi Mual Saat Hamil

Menjadi ibu hamil merupakan hal yang menggembirakan, hamil juga merupakan anugerah terindah yang telah Tuhan berikan. Karenanya, selalu bersyukur dan menjaga kehamilan dengan baik merupakan tanda kesungguhan kita akan rasa syukur yangtelah diberikan. Namun, saat hamil bukan berarti tanpa halangan. Rasa payah hingga kelelahan pun kerap dialami oleh ibu hamil muda hingga hamil tua. Salahsatunya adalah rasa mual yang hebat yang sering hinggap di awal awal kehamilan sehingga dibutuhkan cara mengatasi mual yang tak berbahaya bagi janin.

Mual sendiri dimulai sejak tanda awal kehamilan. Mual saat hamil bisa terjadi karenaadanya perubahan hormon esterogen yang meningkat hingga mencapai 40 kali lipat dibandingkan biasanya. Memang perubahan hormon tersebut baik terhadap perkembangan janin, tandanya normal. Namun, rasa mual yang mengiringilah yang biasanya menjadi ibu hamil sulit untuk makan.

Meskipun begitu, asupan makanan tetap harus dijaga untuk kebutuhan dan nutrisi baik ibu dan bayinya. Inilah beberapa makanan untuk mengurangi mual saat hamil. Simak ya moms!

  • Makanan yang mengandung vitamin B-6

Untuk beberapa kasus, makanan yang mengandung vitamin B-6 dapat membantu mengurangi mual pada ibu hamil. Vitamin B-6 sendiri banyak didapatkan dari serealia ataukacang kacangan yang mampu menambah nafsu makan dan menjaga berat badan ibu hamil agar juga terus meningkat. Vitamin B-6 mampumenjaga daya tahan tubuh. Moms bisa konsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin ini, seperti pada buah buahan alpukat, pepaya, pisang. Hingga pada kacang kacangan seperti kacang merah, kacang polong, hingga kacang tanah.Vitamin B-6 juga terdapat pada daging sapi maupun daging ayam loh moms.

  • Makanan yang banyak berserat

Pada beberapa kasus, ibu hamil juga sering mengalami masa sembelit. Padahal justru dengan sembelit itu biasanya diiringi dengan mual yang luar biasa. Untuk mengurangi mual saat hamil, moms bisa mengonsumsi tambahan asupan serat dari sayuran dan buah buahan segar. Pilih juga yang mengandung banyak air seperti pepaya. Selain membantu melancarkan pencernaan moms, serat pada sayuran dan buah buahan juga dapat membantu mengurangi produksi asam dalam lambung yang menyebabkan terjadinya mual.

  • Buah Lemon

Percaya deh moms, bahwa aroma dari buah lemon mampu mengurangi rasa mual yang ada. Anda dapat memberikan perasan air lemon ke dalam air yang akan dikonsumsi. Cairan ini akan membantu menyegarkan dan menenangkan perut Anda yang sedang mual.

  • Makanan yang dingin dan menyegarkan.

Bila dalam trimester awal masih mengalami mual, selain langkah berikut ini : https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-begini-7-langkah-atasi-mual-di-trimester-awal-36916 Moms juga bisa konsumsi makanan dingin seperti salad buah, es krim salad sayur, maupun rujak. Terkadang makanan yang hangat justru membuat ibu hamil lebih sering merasakan mual. Namun tetap perhatikan kebersihan pada makanan dingin yang Anda pilih ya, agar terhindar dari bakteri dan kuman yang hinggap.

  • Buah Apel

Kandungan pada buah apel memang efektif untuk mengurangi mual pada ibu hamil. Konsumsi buah apel di pagi hari juga baik loh moms. Di samping kulit menjadi lebih cerah dan mulus, buah apel memiliki kandungan vitamin yang baik bagi ibu hamil.

Selain makanan yang dapat mengatasi rasa mual pada ibu hamil, memperbanyak minum air putih juga akan membantu mengatasi rasa mual yang ada. Apalagi bila disertai muntah, mengonsumsi air putih yang cukup tentunya akan membuat moms lebih segar dan terhindar dari dehidrasi.

Be the first to comment on "Lima Makanan Sehat untuk Mengurangi Mual Saat Hamil"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*