Mainan Bayi yang Sesuai untuk Mereka yang Memiliki Kebutuhan Khusus

Mainan Bayi yang Sesuai untuk Mereka yang Memiliki Kebutuhan Khusus

Bayi identik dengan keinginannya terus bermain dan mengenal banyak hal yang ada di sekitarnya. Bayi pada umumnya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi seiring dengan pertumbuhan dan perkembangan yang dimilikinya. Bukan hanya bayi yang memiliki tumbuh kembang normal, hal ini juga wajar untuk mereka yang tergolong sebagai anak berkebutuhan khusus. Tentunya dalam kegiatan sehari-hari ia membutuhkan perhatian khusus. Salah satu rangsangan untuk tumbuh kembangnya adalah dengan mainan yang digunakan. Pastinya mainan bayi atau anak berkebutuhan khusus lebih spesial daripada bayi pada umumnya.

Anak Spesial juga Membutuhkan Mainan Spesial

Anak yang masuk dalam kategori berkebutuhan khusus adalah anak-anak yang memiliki kondisi baik dari segi medis, psikis, maupun gangguan belajar sehingga ia terlihat lebih spesial karena membutuhkan penanganan khusus dari pada bayi pada umumnya. Bentuk penanganan ini bisa saja berupa terapi, pengobatan, maupun bantuan khusus seperti mereka yang mengidap epilepsi, cerebral palsy, maupun anak-anak yang memiliki cacat dari segi fisik. Pada umumnya mereka memiliki gangguan dan kesulitan pada hal-hal yang cukup mudah dilakukan oleh anak-anak normal. Kesamaan yang dimilikinya adalah baik yang berkebutuhan khusus maupun normal, keduanya berada pada masa sangat suka bermain. Anda bisa menyediakan mainan bayi Khusus untuk anak-anak spesial ini.

Mainan Bayi yang Sesuai untuk Mereka yang Memiliki Kebutuhan Khusus

 

Tips Memilih Mainan untuk Anak Spesial

Pemilihan mainan bayi untuk anak berkebutuhan khusus tentunya tidak asal. Anda harus memiliki mainan yang bisa membantu mereka dan mempermudah mereka untuk belajar di tengah kesulitan yang mereka alami atau kelainan yang mereka idap. Anda bisa menerapkan tips-tips ini untuk memilih mainan mereka. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pemilihan mainan untuk anak berkebutuhan khusus bisa disesuaikan dengan usia yang mereka miliki. Karena dengan cara ini Anda bisa menentukan mainan sesuai dengan tahapan yang mereka miliki. Biasanya jika anak normal berusia lima tahun mereka akan bergerak aktif seperti naik sepeda dan berlari. Namun anak dengan kebutuhan khusus sedikit kesulitan dari segi motorik sehingga bisa diarahkan untuk belajar membaca atau semacamnya.
  2. Anda bisa menyiapkan mainan sesuai dengan kebutuhan anak. Seperti anak yang memiliki down syndrome yang bermasalah dengan motorik halusnya bisa Anda berikan mainan yang tidak menuntut mereka untuk melakukan gerakan motorik halus. Pemilihan mainan juga bisa ditentukan sesuai kemampuan anak.
  3. Anak-anak berkebutuhan khusus hendaknya dilarang atau mengurangi interaksinya dengan mainan yang bersifat elektronik. Meskipun dianggap sebagai sarana belajar namun alat elektronik lebih banyak memberikan dampak kurang baik seperti adanya resiko kesehatan dan risiko perkembangan.

Baca juga https://bayionline.net/

Pemilihan mainan bayi memang harus disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya menjadi lebih terbantu utamanya bagi mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Be the first to comment on "Mainan Bayi yang Sesuai untuk Mereka yang Memiliki Kebutuhan Khusus"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*