Mainan yang Sesuai dengan Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan

Saat balita adalah saat dimana anak-anak menikmati mainan yang diberikan orangtuanya. Mainan sangat diperlukan untuk melatih kecerdasan dan mengasah otaknya. Oleh karena itu memberikan mainan untuk si kecil harus yang dapat memberikan stimulus pertumbuhan dan perkembangan bayi. Seperti: memberikan stimulus perkembangan kognitif, motorik dan melatih keberanian serta psikologis anak.

Zaman serba modern seperti sekarang ini, perkembangan mainan bayi semakin beragam. Para produsen mainan berlomba membuat berbagai kreasi jenis mainan bayi. Karena begitu banyak pilihan mainan maka Anda harus lebih pandai dan jeli memilihnya.

Perkembangan Bayi 2 Bulan

Pada bulan pertama bayi belajar mendengar dan melihat. Kemampuan melihat dengan jelas ada pada jarak 30 cm. Selanjutnya perkembangan melihatnya mulai meningkat saat memasuki usia 2 bulan. Pada usia dua bulan ia mulai bisa melihat pada jarak 38 cm. Pada usia ini bayi mulai tertarik pada wajah dan mulai mengingat wajah seseorang.

Dengan mengetahui perkembangan bayi usia 2 bulan, maka Anda bisa memilih mainan yang membantu meningkatkan kecerdasan dan memberikan stimulus panca indranya terutama penglihatan dan pendengaran.

Yang penting diketahui adalah pada usia ini bayi kondisinya masih rentan terhadap perubahan yang terjadi disekitarnya. Bayi pada usia 2 hingga 8 bulan berada pada fase oral yang artinya ia memiliki kebiasaan memasukkan benda ke dalam mulutnya. Jadi pilih mainan dengan mempertimbangkan segi keamanan dan kenyamanan bayi. Mulai dari bahan, tektur, bentuk dan ukurannya.

Mainan Bayi 2 Bulan

Untuk lebih jelasnya berikut adalah mainan yang bisa orang tua jadikan pilihan saat bayi memasuki usia 2 bulan:

  1. Jenis mainan yang digantung.

Warna warni dan bentuk mainan gantung menjadi daya tarik tersendiri untuk bayi. Mainan jenis ini akan menjadi stimulus penglihatan. Perhatikan keamanan saat ia menyentuhnya, ikat dengan ikatan yang kuat sehingga tidak jatuh menimpa bayi. Pastikan jarak dan posisi digantung nyaman untuk bayi. Jangan melebihi kepala bayi atau menjauhi kepalanya. Karena ia akan kesulitan melihat mainannya. Mainan ini biasanya dilengkapi musik dan baterai untuk berputar.

  1. Mainan yang mengeluarkan bunyi.

Musik adalah salah satu hiburan terbaik untuk bayi. Selain itu musik bisa membuat bayi lebih tenang. Pilih musik yang lembut dan tenang yang dapat menyempurnakan pendengarannya. Simpan kotak musik didekat telinganya dan atur volumenya. Jangan sampai volume yang keluar terlalu keras.

Selain mainan yang digantung dan kotak musik, Anda bisa memilih jenis mainan lainnya yang sesuai dengan perkembangan dan pertumbuhannya.

Dengan mainan yang mengeluarkan bunyi dan mainan yang warnanya mencolok bisa menjadi pilihan orang tua. Dengan mainan yang sesuai dengan perkembangan bayi dapat menyempurnakan kemampuan di usianya dan merangsang perkembangan selanjutnya.

Be the first to comment on "Mainan yang Sesuai dengan Perkembangan Bayi Usia 2 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*