Makanan Bayi Pertama Yang Dianjurkan Dan Yang Tidak Boleh Diberikan

Air Susu Ibu atau ASI merupakan makanan bayi pertama yang diberikan untuk buah hati Anda tercinta. Dalam ASI terdaat berbagai macam kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi. Bahkan tidak ada satupun makanan ataupun minuman yang dapat menandingi khasiat ASI.

Pemberian ASI eksklusif yang baik disarankan sampai usia bayi 6 bulan. Sampai usia 6 bulan, bayi tidak memerlukan tambahan makanan lain karena semua kebutuhannya sudah terpenuhi dari ASI. Setelah bayi berumur 6 bulan baru bisa diberi makanan tambahan.

Tidak semua jenis makanan bisa diberikan untuk tambahan ASI. Bahkan ada beberapa makanan yang harus dihindari karena tidak baik dan berbahaya. Untuk lebih jelasnya berikut ini beberapa makanan bayi pertama pendamping ASI yang disarankan dan yang harus dihindari khususnya untuk bayi usia 6 bulan.

Baca Juga: Jenis-Jenis Makanan Bayi Yang Dianjurkan

Makanan Yang Dianjurkan

  • Bubur beras merah atau tepung beras yang dimasak menggunakan cairan. Cairan yang digunakan bisa dari bahan ASI, susu formula, kaldu daging atau kaldu sayuran.
  • Buah-buahan yang dihaluskan menggunakan blender, seperti : pisang, apel, papaya, alpukat dan melon.
  • Sayur-sayuran dan kacang-kacangan yang sudah dihaluskan menggunakan blender. Disarankan memilih sayuran berwarna hijau dan tomat, wortel dan labu kuning. Sedangkan kacang-kacangan yang kacang polong, kacang hijau dan kacang merah.
  • Jika menggunakan bahan daging, usahakan pilih daging yang tidak mengandung lemak lalu blender sampai halus.
  • Ikan yang tidak berduri seperti ikan salmon, kakap dan gindara. Seperti bahan lainnya, jika menggunakan bahan ikan juga harus dihaluskan.

Makanan Yang Tidak Dianjurkan

  • Hindari memberikan makanan bayi yang mengandung gula, garam, bumbu masap atau penyedap.
  • Makanan yang memiliki kandungan protein gluten, seperti: terigu dan biji gandum. Karena kedua bahan makanan tersebut bisa membuat bayi kembung, diare dan mual. Reaksi tersebut karena gluten intolerance.
  • Buah-buahan yang rasanya terlalu asam, seperti: sirsak dan jeruk.
  • Buah-buahan yang mengandung zat gas seperti: cempedak dan durian. Selain itu hindari memberikan sayuran yang juga mengandung gas, seperti: kembang kol dan lobak karena bisa membuat perut bayi kembung.
  • Kacang tanah karena bisa menyebabkan alergi dan pembengkakan pada tenggorokan, hal ini bisa menyebabkan bayi susah bernafas.
  • Kadang kala ada bayi yang sensitive terhadap telur dan memicu terjadinya alergi. Jika ingin memberikan bayi telur, sebaiknya berikan secara bertahap, awali dengan porsi yang kecil.
  • Hindari memberikan bayi susu sapi olahan yang bisa membuat bayi alergi atau istilahnya lactose intolerance.

Itulah jenis-jenis makanan bayi yang disarankan diberikan dan yang tidak boleh diberikan. Makanan merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan dan perkembangan bayi, jadi harus hati-hati dan telaten. Semoga artikel ini bermanfaat!

Be the first to comment on "Makanan Bayi Pertama Yang Dianjurkan Dan Yang Tidak Boleh Diberikan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*