Makanan Bayi yang Bisa Mencerdaskan Otak

Para ibu yang memiliki buah hati berusia 6 bulan tentunya ingin memberikan makanan bayi yang bisa meningkatkan kecerdasan otak. Apalagi masa 6 bulan ini termasuk dalam masa penting 1000 hari pertumbuhan bayi atau golden age. Dan berikut ini jenis makanan yang bisa diberikan oleh ibu agar otak bayi menjadi cerdas:

baca juga: Makanan Bayi yang Mendukung Kecerdasan Otak

  1. Salmon

Sudah menjadi rahasia umum jika salmon merupakan jenis ikan yang sudah dikenal dan dipercaya bisa mencerdaskan otak bayi. Salmon memiliki kandungan asam lemak omega 3-DHA dan EPA yang sangat penting untuk fungsi otak bayi.

  1. Telur

Meski harganya terjangkau, akan tetapi telur merupakan sumber protein yang penting untuk dikonsumsi dan menjadi makanan bayi. Kuning telur memiliki kandungan kolin yang banyak. Kolin memiliki manfaat dalam perkembangan daya ingat atau memori.

  1. Selai Kacang

Kacang tanah serta selai adalah salah satu penghasil vitamin E. Fungsi dari vitamin E sendiri adalah sebagai antioksidan yang bisa memberikan perlindungan pada membran-membran sel saraf. Tak hanya mengandung vitamin E saja, namun juga mengandung thiamin yang membantu sistem saraf serta otak untuk mengolah glukosa menjadi energi.

  1. Gandum Murni

Otak butuh asupan glukosa dari tubuh secara konsisten, dan salah satu bahan makanan yang bisa mencukupi kebutuhan tersebut adalah gandum murni. Gandum murni mengandung serat yang bisa melepaskan glukosa yang ada dalam tubuh. Tak hanya itu saja, gandum juga memiliki kandungan vitami B yang memiliki fungsi dalam pemeliharaan sistem saraf.

  1. Oat

Oat memiliki kandungan serat, vitamin B, vitamin E, seng, serta potassium yang berfungsi agar otak dan tubuh bisa bekerja secara penuh.

  1. Berry

Bahan makanan dalam keluarga berry seperti cherry, blueberry, blackberry dan strawberry tak hanya memiliki warna cerah yang menarik saja, akan tetapi juga memiliki kandungan anti oksidan yang tinggi, terutama kandungan vitamin C nya. Beberapa riset juga menyebutkan bahwa biji-biji dari keluarga berry ini mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi.

  1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan kandungan vitamin, mineral, serta serat. Kacang juga sangat baik untuk memelihara kinerja otak dikarenakan bisa mempertahankan energi serta kemampuan berpikir anak.  Dibandingkan jenis kacang lain, kacang merah memiliki kandungan asam lemak omega 3 yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis kacang lainnya.

  1. Sayuran Berwarna

Seperti sudah diketahui jika sayuran berwarna seperti tomat, wortel, labu, dan bayam merupakan sumber antioksidan yang bisa memperkuat dan menyehatkan sel-sel otak.

Itulah jenis-jenis makanan bayi yang bisa meningkatkan kecerdasan otak apabila dikonsumsi secara rutin. Selain itu, penting halnya untuk memberikan bayi yang sedang menjalani MPASI takaran makanan yang seimbang sehingga tak hanya otak, namun kebutuhan tubuh secara keseluruhan juga akan terpenuhi.

Be the first to comment on "Makanan Bayi yang Bisa Mencerdaskan Otak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*