Makanan Bayi Yang Dianjurkan Untuk Para Bunda

Makanan Bayi Yang Dianjurkan Untuk Para Bunda

Ada banyak ibu yang khawatir akan berat badan bayi usia 7 bulan yang tidak juga bertambah. Mereka lalu mencari berbagai informasi agar bayinya dapat bertambah badannya. Salah satunya yaitu dengan pemberian makanan bayi yang dapat menambah berat badannya. Sebenarnya berat badan bukanlah ukuran bayi itu sehat atau tidak, apalagi jika perkembangan fisiknya semua terlihat baik dan normal.  Yang perlu diingat, berat badan anak juga dipengaruhi oleh genetik kedua orang tuanya.

Makanan Bayi Yang Dianjurkan Untuk Para Bunda

Namun apabila memang bayi tak kunjung bertambah berat badannya, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk menambah berat badan, terutama untuk bayi usia 7 bulan. Berikut informasinya :

  • Susu

ASI memang makanan yang paling baik bagi bayi. Semua nutrisi yang dibutuhkan bayi ada dalam ASI.  Berikan ASI ekslusif selama 6 bulan pertama, lalu mulai kenalkan dengan susu formula. Pilih juga susu formula yang kandungan nutrisinya cukup lengkap sehingga di kecil dapat terpenuhi gizinya dan dapat menaikkan berat badannya.

  • Buah pisang

Pisang merupakan salah makanan bayi yang dapat meningkatkan berat badan bayi usia 7 bulan. Buah ini sangat baik sebagai makanan pendamping ASI. Haluskan buah pisang, lalu campur dengan sedikit susu formula sehingga akan menjadi bubur.

  • Buah Pear

Buah pear ini juga dapat meningkatkan berat badan bayi 7 bulan. Kandungan yang terdapat dalam buah pear sangat baik karena mengandung mineral, zat besi serta diperkaya vitamin B6 dan vitamin C. Anda dapat memberikan buah pear ini dengan cara menghaluskan terlebih dahulu agar mudah dicerna oleh si kecil.

  • Buah alpukat

Buah alpukat sangat baik bagi bayi agar dapat bertambah berat badannya.  Kandungan buah alpukat ini kaya serat namun rendah lemak jahat, dan sangat baik untuk menambah berat badan sikecil, tanpa khawatir bayi akan terkena obesitas.  Anda bisa membuatnya dengan menghaluskan alpukat lalu campur dengan susu untuk menambahkan rasa.

  • Ubi jalar manis

Ubi jalar manis sangat baik bagi bayi, agar berat badannya dapat bertambah.  Hal ini disebabkan karena ubi jalar mengandung nutrisi yang sangat baik yaitu tinggi serat, kalium, magnesium, vitamin B6, vitamin A dan C. Ibu bisa memberikan ubi jalar manis  dengan cara dikukus, lalu bisa juga dibuat bubur atau pancake sesuai selera bayi anda.

  • Kentang

Kentang merupakan makanan yang mudah dicerna dan memiliki konsistensi yang lembut sehingga baik untuk si kecil. Kentang juga kaya akan vitamin dan mineral, serta terkenal dengan kandungan karbohidratnya. Kentang sangat cocok dijadikan makanan yang dapat menambah berat badan.  Anda dapat meberikan kentang dengan direbus lalu dihaluskan, atau bisa juga dimasak sebagai sup.

Baca juga: Inilah Daftar Lengkap Makanan Bayi Usia 6 Bulan yang Paling Bergizi

Nah itu dia 6 makanan bayi 7 bulan agar dapat bertambah berat badannya. Semoga ulasan tadi bermanfaat bagi anda.

Be the first to comment on "Makanan Bayi Yang Dianjurkan Untuk Para Bunda"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*