Makanan Bayi yang Mendukung Kecerdasan Otak

Setiap orangtua tentunya menginginkan buah hati kesayangannya tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kecerdasan otak anak, selain karena faktor genetik, juga karena faktor lingkungan dan makanan. Asupan makanan yang dikonsumsi oleh anak memberikan pengaruh terhadap kecerdasan, dan asupan makanan ini harus diperhatikan sejak anak berusia 6 bulan atau saat menjalani MPASI. Makanan bayi yang bergizi tentunya akan memberikan pengaruh yang baik terhadap kecerdasan otaknya. Dan berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang dapat dikonsumsi oleh bayi untuk mendukung kecerdasan otak:

ASI

Pemberian ASI eksklusif pada 6 bulan usia awal bayi, hingga bayi berusia 2 tahun sangatlah penting. Hal ini karena ASI mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan oleh bayi yang tentunya bisa meningkatkan kecerdasan bayi.

Buah Beri

Salah satu buah yang bisa meningkatkan kecerdasan bayi adalah buah beri. Buah ini bisa diberikan paa anak baik secara langsung maupun dalam bentuk jus. Tak hanya daging buah ini saja yang bermanfaat, akan tetapi biji buah beri juga bermanfaat untuk kecerdasan bayi karena mengandung asam lemak Omega 3 yang dapat membantu perkembangan kecerdasan anak. Tak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan saja, akan tetapi buah ini juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak karena mengandung vitamin C dan antioksidan.

Telur

Telur adalah salah satu sumber protein yang mudah pengolahannya. Bagian kuning telur mengandung kolin yang membantu perkembangan otak anak serta meningkatkan fungsi daya ingat atau memori anak.

Gandung Utuh dan Beras Merah

Baik gandum utuh maupun beras merah, keduanya sama-sama mengandung nutrisi yang baik untuk perkembangan otak buah hati. Gandum utuh dan beras merah ini dapat diolah menjadi makanan bayi seperti bubur beras merah serta bubur gandum.

Ikan

Sudah menjadi rahasia  umum bahwa semua jenis ikan, khususnya ikan salmon mengandung zat penting yang bermanfaat untuk kecerdasan otak anak. Oleh karena itu jangan heran jika banyak produsen makanan yang memproduksi makanan dari bahan utama ikan, salah satunya adalah minyak ikan. Ibu dapat memberikan olahan beragam ikan pada menu MPASI si kecil dengan berbagai macam jenis ikan.

Sayuran Berwarna

Sayur-sayuran dengan warna-warna cerah seperti bayam, tomat, serta wortel adalah makanan yang kaya nutrisi dan mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan serta nutrisi yang ada dalam sayuran ini dapat mendorong sel-sel otak agar terus berkembang menjadi kuat dan sehat, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan otak anak.

Itulah jenis-jenis bahan makanan bayi yang dapat meningkatkan kecerdasan otak. Para ibu harus pintar memilih makanan yang tepat untuk buah hati saat menjalani MPASI, selain memilih makanan yang bisa mencerdaskan otak, juga makanan yang bisa menutrisi dan meningkatkan kekebalan tubuh anak agar terhindar dari segala macam penyakit.

Be the first to comment on "Makanan Bayi yang Mendukung Kecerdasan Otak"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*