Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Masa menyusui merupakan masa yang sangat penting terhadap tumbuh kembang bayi karena pada masa ini ibu harus memberikan ASI yang berkualitas untuk bayi. ASI merupakan makanan pokok untuk bayi yang kaya akan manfaat. Selain itu, periode menyusui juga menjadi periode penting untuk 1000 hari pertama anak karena selain bayi mendapatkan asupan makanan yang berkualitas, juga karena para periode ini terbentuk hubungan emosional yang berkualitas antara ibu menyusui dan bayi sehingga perkembangan fisik, mental, dan psikis berkembang dengan baik.

Kualitas ASI yang dikonsumsi oleh bayi sangatlah bergantung dari asupan makanan yang dikonsumsi oleh ibu yang sedang menyusui. Oleh karena itu, ibu menyusui harus betul-betul memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuhnya. Dan berikut ini adalah makanan dan minuman yang harus dihindari oleh para ibu yang sedang menyusui agar ASI yang diberikan pada bayi berkualitas.

  1. Minuman Beralkohol

Minuman yang mengandung alkohol tentunya harus dihindari oleh ibu yang sedang menyusui, hal ini karena zat-zat buruk yang terkandung dalam alkohol bisa masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI. Hal ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan syaraf bayi sehingga menyebabkan bayi lemas, lunglai, mengantuk, serta tidur dalam waktu yang lama. Selain itu, mengkonsumsi alkohol juga berakibat buruk pada produksi ASI yang jadi lebih sedikit.

  1. Makanan Instan dan Berpengawet

Makanan instan dan berpengawet biasanya memiliki kandungan pengawet kimia yang tidak baik bagi tubuh. Makanan jenis ini juga bisa berdampak buruk bagi bayi karena akan zat-zat pengawet tersebut akan masuk ke dalam tubuh bayi melalui ASI.

  1. Minuman  yang Mengandung Kafein

Seringkali para ibu mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein untuk menjaga tubuh ketika harus begadang. Untuk ibu yang sedang menyusui biasanya juga sering begadang di malam hari, namun sebaiknya hindari minuman berkafein seperti kopi serta soda. Kandungan kafein ini dapat masuk ke tubuh bayi sehingga membuat bayi rewel dan susah tidur, bahkan kafein juga bisa menyebabkan saluran pencernaan bayi mengalami iritasi.  

  1. Makanan Penghasil Gas

Beberapa makanan ternyata dapat menghasilkan gas berlebih yang dapat menyebabkan iritasi pada saluran pencernaan, seperti paprika, kubis, serta brokoli. Ketika menyusui, para ibu sebaiknya mengurangi konsumsi bahan-bahan makanan ini karena dapat menimbulkan saluran pencernaan bayi tidak sehat.

  1. Minuman Dingin

Ibu yang sedang menyusui juga jangan terlalus ering mengonsumsi minuman yang terlalu dingin, karena ini bisa berakibat flu, batuk atau pilek pada bayi, karena semua yang dikonsumsi ibu akan berpengaruh pada bayi yang disusui.

  1. Makanan Pedas

Saat periode menyusui, sebaiknya ibu juga menghindari makanan-makanan pedas, hal ini karena kandungan dalam makanan pedas bisa mengganggu sistem pencernaan bayi.

Itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang harus dihindari oleh ibu menyusui. Gizi bayi diperoleh dari air susu ibu sehingga harus benar-benar diperhatikan makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh ibu.

Be the first to comment on "Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*