Makanan Pantangan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Makanan Pantangan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

Ketika menyusui seorang ibu tidak hanya harus mengkonsumsi makanan tertentu karena dapat merangsang ASI yang keluar lebih banyak. Tetapi juga ada beberapa makanan yang menjadi pantangan dan harus dihindari oleh ibu menyusui. Karena apabila mengkonsumsi makanan tersebut akan berakibat buruk untuk pertumbuhan bayi. Oleh karena itulah ibu yang sedang memberikan ASI sebaiknya mengetahui jenis makanan yang harus dihindari untuk kebaikan bayinya. Dan beberapa jenis makanan pantangan yang tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang sedang memberikan ASI adalah:

Makanan Pantangan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui

  • Makanan berkafein

Jenis makanan pertama yang harus dihindari dan tidak boleh dikonsumsi oleh ibu yang memberikan ASI untuk bayinya adalah yang mengandung kafein. Ada beberapa jenis makanan ataupun minuman yang harus dihindari yaitu kopi, teh, dan juga cokelat yang mempunyai kandungan kafein di dalamnya. Oleh karena itulah bagi ibu yang suka dengan minuman atau makanan tersebut sebaiknya hindari dulu jenis makanan yang mengandung kafein ini. Atau setidaknya dengan membatasi konsumsinya seperti dapat hanya minum kopi 2 hingga 3 gelas sehari. Karena apabila mengkonsumsi makanan dan minuman dengan kafein tersebut dapat menyebabkan gangguan tidur bayi dan juga ibu karena kafein dapat membuat tahan untuk begadang.

  • Alkohol

Jenis minuman lainnya yang harus dihindari oleh ibu menyusui tentunya makanan dan minuman beralkohol. Karena apabila nekat untuk mengkonsumsi makanan ini akan mempunyai dampak yang buruk untuk perkembangan otak dan juga saraf bayi. Oleh karena itulah hindari untuk mengkonsumsi alkohol ketika ibu sedang menjalankan tugasnya dengan memberikan ASI untuk bayi. Atau ketika sedang minum alkohol sebaiknya tunggu untuk tidak memberikan ASI hingga kadar alkohol di dalam tubuhnya hilang. Sehingga nantinya susu yang diberikan kepada bayi sudah tidak terkontaminasi dengan alkohol.

Baca juga: 4 Posisi Menyusui Bayi yang Sangat Direkomendasikan

  • Ikan yang mengandung merkuri

Ketika sedang menyusui, seorang ibu memang dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat dan menghindari makanan dengan bahan yang berbahaya. Salah satunya adalah menghindari makanan dari ikan yang mempunyai kandungan merkuri tinggi. Karena hal tersebut akan sangat berdampak pada bayi dan mengganggu perkembangan dan pertumbuhan otaknya. Sehingga sebaiknya hindari ikan bermekuri tinggi seperti dari jenis ikan makarel raja, ikan todak, dan juga ikan tilefish.

  • Bahan makanan yang bisa membuat alergi

Dan jenis makanan yang menjadi pantangan dan harus dihindari oleh ibu menyusui adalah makanan yang dapat membuat alergi. Sehingga ibu harus menghindari bahan makanan tersebut karena dapat membuat bayi menjadi alergi. Beberapa jenis makanan yang dapat membuat alergi sendiri tergantung dari alergi yang diderita. Tetapi pada umumnya jenis makanan yang banyak menjadi pantangan alergi adalah dari bahan telur, kacang, susu, dan juga lainnya.

 

Be the first to comment on "Makanan Pantangan yang Harus Dihindari Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*