Makanan Yang Tepat Untuk Pertumbuhan Bayi Umur 5 Bulan

Makanan yang diberikan untuk bayi sangat mempengaruhi tumbuh kembangnya. Oleh sebab itu agar pertumbuhan bayi maksimal harus didukung dengan pemberian makanan yang bernutrisi sesuai dengan usianya. Seperti kita ketahui bayi baru lahir sebaiknya diberi ASI, baru setelah ia berumur 6 bulan bisa diberi makanan tambahan.

Pemberian makanan tambahan saat bayi usia 6 bulan atas pertimbangan pencernaannya yang masih rentan. Namun ada juga bayi yang masih usia 5 bulan sudah diberi makanan tambahan. Kadang perbedaan usia pemberian makanan tambahan disebabkan karena perkembangan dan kemampuan setiap bayi yang berbeda-beda.

Baca juga:Bantu Pertumbuhan Bayi dengan Sedia ASI Eksklusif

Hal ini dapat diketahui dari durasi dan frekuensi bayi menyusui yang terlalu sering. Jika demikian, bayi membutuhkan asupan makanan lebih karena ASI tidak dapat memenuhi kebutuhannya. Namun makanan yang diberikan harus sesuai dengan prosedur yang benar. Hal ini perlu dilakukan agar bayi tidak mengalami masalah kesehatan terutama pencernaannya.

Membuat makanan tambahan untuk bayi benar-benar harus apik dan diperhatikan. Cara mengolah makanan bayi yang tepat adalah dengan cara dikukus atau direbus sampai matang dan pemberiannya harus dalam kondisi yang halus. Selain itu makanan tambahan yang diberikan harus mengandung gizi dan vitamin yang tinggi.

Lebih jelasnya, berikut ini kami akan menginformasikan mengenai jenis-jenis makanan tambahan yang dapat membantu pertumbuhan bayi saat ia memasuki usia 5 atau 6 bulan.

Jenis Makanan Tambahan Bayi

  • Bubur untuk bayi adalah bubur yang menggunakan bahan-bahan yang disarankan yang dicampur dengan ASI atau air putih matang atau susu formula. Bubur nasi putih lebih gampang dicerna oleh bayi dan tidak akan menyebabkan alergi.
  • Buah-buahan yang diolah menjadi bubur. Ada banyak jenis buah yang bisa dijadikan makanan tambahan, seperti: pisang, alpukat dan buah lainnya yang dihaluskan dengan tambahan ASI, air putih atau susu formula.
  • Sayuran hijau yang dihaluskan menjadi bubur sangat baik untuk bayi. Pastikan bahan yang digunakan dicuci sampai bersih menggunakan air yang langsung mengalir dari kran. Proses mengolah sayuran menjadi makanan bayi yang efektif adalah dengan cara direbus, hal ini dapat membuat kandungan nutrisi di dalam sayuran tetap ada. Selain itu proses direbusa dapat membuat sayuran jadi lebih empuk dan mudah dihaluskan. Beberapa jenis sayuran yang cocok untuk bayi adalah: brokoli, wortel, buncis, kembang kol dsb.

Memberikan makanan tambahan pada bayi tidak boleh menggunakan bumbu penyedap. Selainitu pertimbangkan tekstur makanan harus benar-benar halus. Saat pertama kali memberikan makanan tambahan bisa yang cair agar pencernaannya aman dan ia bisa beradaptasi dengan makanan dan rasa yang baru ia rasakan.

Demikian informasi mengenai makanan tambahan untuk bayi agar pertumbuhan bayi dapat lebih optimal. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Be the first to comment on "Makanan Yang Tepat Untuk Pertumbuhan Bayi Umur 5 Bulan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*