Manfaat Bermain Boneka Bayi Baik untuk Anak Laki-laki Ataupun Perempuan

Salah satu cara untuk belajar bagi anak adalah dengan menggunakan mainan, misalnya dengan boneka. Boneka tersebut biasanya identik dengan anak perempuan dan anak laki-laki enggan untuk diberi mainan yang berupa namun ternyata, boneka bayi yang diberikan baik untuk anak perempuan ataupun anak laki-laki memiliki manfaat yang bagus dalam tumbuh kembangnya.

Pertama adalah membantu untuk menumbuhkan kemandirian dan juga melatih motorik anak. Saat anak Anda mencoba untuk memakaikan pakaian pada boneka yang sedang digunakan untuk bermain tersebut ternyata manfaatnya bisa membantu untuk melatih motorik dari anak Anda dan juga kemandirian pada diri anak. Secara tidak sadar, anak akan belajar untuk mengetahui bagaimana cara mengenakan baju sendiri dengan benar.

Terkadang, anak terutama anak perempuan memandikan boneka bayi yang dipergunakan untuk bermain dan hal tersebut bisa membantu anak untuk belajar mengenai bagaimana cara menjaga kebersihan tubuhnya. Apalagi saat anak bermain boneka, Anda mendampingi anak tersebut dan kemudian membantu untuk mengarahkan mengenai bagaimana cara bershampoo, menggunakan sabun, menyikat gigi ataupun menggunakan handuk. Anak juga sering berpura-pura menyuapi boneka tersebut sehingga bisa melatih anak mengenai kemandirian untuk bisa makan sendiri.

Kedua adalah menumbuhkan kecerdasan dalam berbahasa. Saat anak bermain dengan boneka tidak jarang jika anak Anda mengajak boneka tersebut berbicara. Anak akan mulai berimajinasi dan bermain peran dengan menggunakan boneka tersebut. Saat itulah, anak juga belajar untuk mengingat dan menggunakan kosa kata yang tepat apalagi saat bermain anak Anda bertanya kepada Anda misalnya mengenai bagian tubuh sehingga pengetahuan dan kosa kata anak menjadi bertambah.

Ketiga adalah meningkatkan empati pada anak. Saat bermain boneka, anak Anda akan memperlakukan boneka tersebut layaknya adik atau temannya sehingga anak akan mulai belajar menggendong, dimandikan, diajak berbicara, ataupun diajak tidur. Sikat yang dilakukan oleh anak tersebut bisa diterapkan di kehidupan sehari-hari sehingga anak Anda menjadi lebih peka terhadap kondisi dan keadaan sekitar Anda dan memiliki tanggung jawab yang besar. Namun, saat Anda hendak membelikan boneka bayi untuk anak Anda, pertimbangkan hal berikut:

  • Ukuran boneka tersebut. Jangan berikan boneka yang ukurannya terlalu besar untuk anak Anda apalagi jika boneka tersebut berbentuk bayi yang menyerupai seperti dirinya karena kemungkinan anak akan lebih takut dan enggan untuk menyentuh boneka tersebut.
  • Berat dari boneka. Pilih boneka dengan berat yang cukup ringan agar ketika anak ingin menggendong atau sekedar membawanya, anak tidak keberatan.
  • Pilih yang memiliki tampilan yang menarik dan hindari memilih yang bentuknya menyeramkan.
  • Sesuaikan untuk memilih boneka dengan budget yang Anda miliki.
  • Ajak anak Anda untuk memilihnya sendiri sehingga mainan tersebut bisa berguna dan tidak dianggurkan setelah disentuh.

 

Be the first to comment on "Manfaat Bermain Boneka Bayi Baik untuk Anak Laki-laki Ataupun Perempuan"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*