Manfaat dan Cara Memilih Car Seat Bayi yang Aman

Jika Anda sering mengajak anak berkendaraan terlebih harus pergi berdua dengan bayi Anda. agar bayi aman bisa menggunakan car seat. Car seat bayi adalah perlengkapan yang dirancang untuk kenyamanan dan keamanan bayi saat menempuh perjalanan dengan kendaraan.

Penggunaan car seat dapat memberikan manfaat dan fungsinya jika digunakan secara benar. Untuk itu ketahui panduan dan aturan menggunakan car seat untuk bayi berikut ini:

Sesuaikan dengan Berat dan Tinggi Badan

Car seat bayi tersedia beragam ukuran dan bahan yang berbeda. Pilih car seat yang disesuaikan dengan berat badan si kecil. Jangan memaksakan menggunakan car seat jika sudah tidak sesuai atau melebihi berat badan anak karena bisa membuat anak tidak nyaman dan tidak menjamin car seat menjaga keselamatannya.

Posisi Menggunakan Benar

Jika bayi Anda usianya 13 bulan dengan berat badan maksimal 9 kg maka posisi duduknya menghadap kebelakang sedangkan jika usianya lebih dari 13 bulan, berat badan 9 – 18 kg posisi duduk bisa menghadap ke depan dengan posisi kaki nyaman. Sedangkan jika berat badannya lebih dari 18 – 46 kh sebaiknya gunakan booster set.

Car seat bisa digunakan dengan kemiringan sekitar 45 derajat sehingga dapat terhindar dari kesulitan bernafas. Sedangkan car seat yang sudah bisa disetel, simpan gulungan handuk kecil halus agar bayi bisa rebahan.

Sabuk Pengaman yang Kuat dan Nyaman

Biasakan anak duduk di car seat dan jangan lupa membiasakan ia menggunakan tali/ sabuk pengaman. Anda bisa pilih sabuk pengaman 5 sehingga keamanan dan keselamatannya lebih terjamin.Biasanya bayi akan menolak dan menangis saat di dudukkan dan dipasang sabuk pengaman. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bayi tenang, yaitu:

  • Bayi dalam kondisi sehat.
  • Pastikan dudukan car seat empuk dan lembut.
  • Pastikan car seat tidak berdebu dan berbau apek.
  • Pastikan sabuk pengaman yang terikat tidak terlalu ketat dan longgar.
  • Pastikan baju yang dipakai nyaman.
  • Siapkan mainan yang membuatnya anteng. Jika ia sudah bosan dengan satu mainan berikan ia mainan yang lain. Atau Anda bisa memberikan mainan yang digantung.
  • Jika bayi Anda sering rewel sebaiknya damping bayi dengan pengasuh, atau suami jika istri yang menyupir begitupun sebaliknya. Tugas pendamping adalah agar bayi tenang, tidak takut berada di car seat.

Car seat bayi dapat dengan mudah Anda dapatkaan di toko perlengkapan bayi dan balita. Hindari membeli car seat bekas karena dikhawatirkan memiliki riwayat pernah kecelakaan atau sudah terlalu lama. Car seat yang sudah rusak tidak lagi berfungsi dengan baik. Artinya tidak menjamin keselamatan dan mencegah resiko cidera. Dan yang tidak kalah penting adalah cara penggunaannya yang tepat dan benar.

Be the first to comment on "Manfaat dan Cara Memilih Car Seat Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*