Manfaat Daun Katuk Untuk Asam Urat dan Ibu Menyusui

Banyak sekali manfaat daun katuk untuk ibu menyusui. Kita tentu sering mendengar bahwa saat menyusui ibu sebaiknya mengonsumsi bahan makanan tertentu yang disebut-sebut memberikan manfaat khusus. Biasanya untuk ibu menyusui bahan makanan yang cukup sering disarankan adalah daun katuk, kira-kira apakah benar daun katuk baik untuk ibu menyusui? Saat masa menyusui, ada berbagai macam jenis zat gizi yang dibutuhkan oleh ibu. Zat gizi tersebut harus dipilih agar sesuai dengan kebutuhan ibu selama menyusui yaitu untuk memproduksi ASI. Salah satu jenis zat gizi yang dibutuhkan ibu dalam masa menyusui adalah asam folat. Asam folat dibutuhkan ibu menyusui untuk membentuk sistem tubuh dan sel darah merah.

Salah satu bahan makanan yang memiliki banyak kandungan asam folat adalah golongan kacang-kacangan dan daun berwarna hijau gelap. Contohnya seperti tempe, kacang kedelai, tahu dan sayur bayam atau brokoli. Pada buku Pedoman Gizi Seimbang untuk Ibu Menyusui, dianjurkan untuk ibu mengonsumsi daun katuk atau daun sejenisnya seperti, daun torbangun (sayuran di daerah Sumatera Barat), untuk mendukung proses menyusui. Hal ini juga terkait dengan adanya kandungan asam folat pada daun katuk yang juga memiliki warna hijau gelap. Daun katuk untuk asi ini mempunyai salah satu keunggulan karena mampu melancarkan produksi ASI. Sehingga selain daun katuk dapat memberikan manfaat yaitu untuk meningkatkan asupan asam folat ibu serta melancarkan produksi ASI.

Selain untuk ASI, salah satunya adalah tentang manfaat daun katuk untuk asam urat. Bagaimana caranya? Mari kita simak:

Bernama latin Sauropus androgynus dari family Phyllanthaceae atau lebih dikenal dengan nama katuk. Merupakan sejenis tumbuhan sayur yang banyak terdapat di Asia Tenggara dan terkenal dengan khasiatnya yaitu untuk melancarkan aliran air susu ibu (ASI). Dengan hanya mendengar namanya saja, daun katuk pastinya sudah tidak asing lagi bagi kita karena diketahui banyak mengandung khasiat baik, terutama bagi wanita hamil ataupun menyusui. Daun katuk juga memiliki banyak sekali kandungan yang baik dan bermanfaat nutrisi yang terdapat dalamnya. Seperti vitamin A, B dan C, lemak, kalsium, fosfor, protein dan zat besi.

Bahkan, para peneliti juga menemukan bahwa di dalam dauk katuk terdapat kandungan bernama sterol atau memiliki sifat estrogenik. Dalam penelitian lain juga menemukan bahwa di dalam daun katuk terkandung efedrin yang sangat efektif untuk membantu mengobati penyakit influenza dan penyakit-penyakit lainnya, termasuk penyakit asam urat. Dengan banyaknya kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam daun katuk, menjadikannya banyak memiliki khasiat baik untuk kesehatan tubuh Anda saat ini. Manfaat daun katuk untuk asam urat memang telah dipercaya masyarakat terdahulu sebagai obat herbal alami penurun asam urat secara alami. Daun katuk dapat menjadi obat yang relatif aman digunakan untuk pengobatan karena merupakan bahan alami dan tradisional. Kandungan di dalam daun katuk dipercaya memiliki khasiat baik untuk membantu mengurangi pembengkakan pada sendi akibat penyakit asam urat.

Oleh sebab itu, bagi Anda yang saat ini tengah mengalami gangguan penyakit asam urat. Kami sarankan untuk mencoba mengobati asam urat Anda menggunakan cara alami menggunakan daun katuk ini. Untuk cara pemanfaatannya cukup mudah, yang perlu Anda lakukan ialah menyiapkan daun daun katuk segar secukupnya. Lalu rebus setelah bersih menggunakan air putih. Memang benar, jika daun katuk dipercaya ampuh untuk membantu mengobati asam urat Anda.

Be the first to comment on "Manfaat Daun Katuk Untuk Asam Urat dan Ibu Menyusui"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*