Manfaat Menggunakan Playmat Bayi

Semakin bertambahnya usia bayi, tentunya bayi akan semakin aktif gerak tubuhnya, bayi akan belajar berguling, tengkurap, dan belajar untuk menggenggam benda-benda serta mengenali teksurnya. Untuk mengakomodasi kebutuhan perkembangan bayi ini bisa dengan menggunakan playmat bayi.

Playmat bayi atau matras untuk bermain bayi ini memang didesain khusus untuk bayi. Bahannya yang lembut akan membuat bayi semakin nyaman ketika diletakkan di atasnya. Playmat bisa diletakkan di lantai yang datar, sehingga ketika anak bermain, tidak akan kedinginan karena tubuhnya sudah dialasi oleh matras bayi ini.

Matras bayi ini selain memiliki bahan yang lembut serta aman untuk bayi, juga biasanya memiliki warna-warna yang cerah sehingga cocok untuk bayi dan bisa membuat mata bayi memandang lebih ceria.

Bayi bisa belajar berguling atau tengkurap di atas matras ini, sehingga para orangtua tidak perlu khawatir. Playmat ini juga bisa menjadi sarana bermain anak karena dilengkapi tambahan mainan-mainan yang digantungkan pada bagia playmat yang melengkung, sehingga ketika diletakkan di atas playmat, bayi akan belajar menggapai, memegang, serta merasakan tekstur mainan-mainan yang disentuhnya.

Ketika bayi sedang rewel atau menangis, playmat ini juga bisa menjadi bentuk pengalih perhatian, dikarenakan bayi akan sibuk melihat ke mainan-maianan yang ada di dekatnya dan berusaha untuk bermain dengannya. Mainan-mainan yang tergantung di Playmat ini memiliki tekstur yang aman bagi bayi serta bisa merangsang syaraf motorik dan sensoriknya, sehingga sangat bermanfaat bagi tumbuh kembang bayi.

Selain itu, apabila orangtua ingin melakan pekerjaan lainnya, bisa dengan meletakkan anak di atas playmat untuk mengalihkan perhatiannya, akan tetapi yang harus diingat bayi harus tetap diawasi meskipun playmat aman untuk dijadikan sebagai tempat bermain bayi.

Playmat ini mengadopsi ruang bermain anak dengan ukuran yang lebih kecil dan simpel, serta memang dipakai untuk anak-anak yang masih belum aktif berjalan, sehingga lebih banya bermain dalam posisi tiduran.

Pilihan penggunaan playmat ini memang tergantung dari orangtua, ada yang memang lebih suka bermain dengan anak secara langsung, namun ada juga yang suka menstimulasi anak dengan beragam mainan yang ada di playmat sehingga anak menjadi lebih atraktif dan ceria ketika menggapai mainan-mainan yang ada di dekatnya. Mainan-mainan yang ada di playmat dapat dibongkar pasang, sehingga orangtua bisa memilih mainan mana saja yang ingin digantungkan di playmat tersebut.

Menjadi orangtua masa kini memang banyak dibantu dengan beragam benda yang bisa menemani anak bermain, salah satunya adalah playmat bayi. Akan tetapi bayi tetap harus didampingi, karena bayi tak hanya butuh mainan semata, namun juga butuh belaian kasih sayang langsung dari orangtua, karena kasih sayang orangtua juga berperan besar terhadap tumbuh kembang bayi.

 

Be the first to comment on "Manfaat Menggunakan Playmat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*