Manfaat Penggunaan Car Seat Bayi

Car seat bayi atau tempat duduk bayi di mobil saat ini memang lazim dimiliki oleh para orangtua yang memiliki bayi, dan khususnya orangtua yang seringkali mobilitasnya menggunakan mobil.

Penggunaan car seat ini biasanya digunakan pada bayi yang sudah bisa duduk, hal ini karena posisi car seat memang duduk ala jok mobil, akan tetapi tentunya memiliki fitur-fitur yang aman untuk bayi.

baca juga: Tips Memilih Car Seat Bayi yang Aman dan Nyaman

Car seat dapat dibongkar pasang, sehingga apabila tidak digunakan, car seat bisa dilepas dari dudukan atau jok mobil. Car seat pun ada yang bisa dipasang menghadap ke depan, juga ada yang bisa dipasang menghadap ke belakang.

Kenapa harus menggunakan car seat? Agar menjaga bayi bisa duduk tenang, terutama bayi yang sudah bisa berjalan. Bayi yang sudah bergerak aktif tentunya akan lebih atrakktif bergerak ke sana ke mari, begitu juga ketika di dalam mobil.

Apabila bayi atau balita duduk di bagian mobil di jok belakang dan tidak ada yang mengawasi, apabila mobil direm secara mendadak dan bayi atau balita dalam keadaan tidak siap atau tidak bisa menjaga keseimbangan, maka bisa membuat bayi terjungkal dan akhirnya justru akan mencederai bayi. Hal ini tentunya sangatlah berbahaya.

Lain halnya jika bayi atau balita duduk di car seat bayi, maka bayi atau balita bisa duduk dengan tenang karena car seat dilengkapi dengan pengaman berupa sabuk yang akan menjaga bayi agar tidak terjatuh atau terjungkal.

Selain itu, bayi juga akan bisa melihat pemandangan di luar kendaraan dengan lebih tenang atau sambil mengkonsumsi botol susu, sehingga ayah atau ibu yang sedang mengemudi pun tak akan was-was karena bayi tidak akan terjungkal sehingga bisa mengemudi dengan tenang dan aman.

Car seat ini juga berguna untuk perjalanan jauh, orangtua tidak perlu memangku bayi atau balita karena bisa duduk di car seat sendiri. Apalagi ketika perjalanan jauh, maka akan melelahkan jika harus memangku bayi atau balita sepanjang perjalanan. Oleh karena itu, penggunaan car seat tentunya sangatlah dibutuhkan.

Tak hanya itu, ketika bayi atau balita duduk di car seat, ibu akan dengan mudah menyuapi anak karena anak akan duduk manis di car seat dan tidak lari kesana kemari atau naik turun jok mobil yang tentunya berbahaya.

Ada beragam jenis car seat yang dijual di pasaran, akan tetapi sebaiknya pilih car seat yang sesuai dengan tubuh serta usia anak. Pilih yang memiliki keamanan baik dan perhatikan tali pengaman yang dimiliki sebelum membeli.

Manfaat dari penggunaan car seat bayi ini memang sangatlah banyak, selain membuat bayi duduk nyaman selama perjalanan, juga agar orangtua bisa lebih nyaman ketika berkendara bersama si kecil.

Be the first to comment on "Manfaat Penggunaan Car Seat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*