Manfaat Penggunaan Playmat Bayi

Perkembangan si kecil tentunya menjadi prioritas orangtua, sehingga orangtua akan memberikan segala hal terbaik untuk anak. Tak hanya memberikan makanan yang bergizi, namun orangtua juga perlu memberikan waktu untuk istirahat dan bermain karena apabila hal tersebut terpenuhi, maka akan bisa membantu perkembangan otak serta tubuh. Salah satu cara untuk membantu anak bermain dengan ceria adalah dengan menggunakan playmat bayi.

Baby Playmat memang sangat cocok untuk digunakan bayi bermain, bahkan untuk bayi yang baru lahir. Baby Playmat adalah matras untuk bermain yang pada bagian atasnya dilengkapi kerangka lengkung untuk menggantung mainan.

Baby Playmat ini cocok digunakan pada bayi yang belajar merangkak, selain itu, dengan menggunakan Baby playmat, ibu juga akan lebih mudah apabila ingin mengganti popok karena bayi akan sibuk bermain dengan mainan yang tergantung di playmat. Selain manfaat di atas, berikut ini adalah manfaat lain penggunaan playmat bayi, yaitu sebagai berikut:  

Merangsang Fungsi Sensorik

Playmat dibuat dari bahan-bahan dengan tekstur yang aman dan nyaman, warna-warnanya pun terang serta menarik. Hal ini tentunya akan membuat bayi suka menyentuh beragam mainan yang ada di playmat seperti plastik, boneka binatang, atau jenis mainan lainnya. Beberapa playmat dilengkapi pula dengan musik yang membuat bayi ceria dan tenang. Adanya sentuhan bayi terhadap mainan yang ada di playmat akan membantu merangsang fungsi sensorik bayi.

Baca juga: Kegunaan Playmat Bayi Memberikan Fungsi Ganda untuk Mendukung Perkembangan Si Kecil

Merangsang Fungsi Kognitif

Ketika memainkan mainan yang ada di playmat akan membuat bayi senang sehingga berulang kali mengulanginya. Selain itu, ketika diletakkan di playmat, bayi akan bebas menendang atau tengkurap, dan ini bisa merangsang fungsi kognitif bayi untuk belajar sesuatu.

Meningkatkan Kemampuan Menggenggam Bayi

Bayi yang diletakkan di playmat, akan belajar menggenggam beragam mainan yang tergantung di playmat. Hal ini akan membantu sistem motorik bayi untuk menggenggam sesuatu dan merasakan tekstur suatu benda.

Meningkatkan Penglihatan Bayi

Baby playmat memiliki warna yang beragam, biasanya warna-warna yang cerah. Baby playmat tentunya sangat dekat sehingga lebih mudah dijangkau oleh bayi dan dapat meningkatkan kemampuan penglihatan bayi.

Meningkatkan Fungsi Gerak Tubuh

Ketika diletakkan di baby playmat, si kecil akan bisa menggerakkan tubuhnya dengan bebas, misalnya ketika menyentuh serta menggerakkan mainan yang ada di playmat. Seluruh tubuhnya akan bergerak dan ini bisa membuat tubuh si kecil semakin kuat.

Playmat bayi dibuat dari bahan-bahan yang aman-dan nyaman untuk rebahan dan tidur, sehingga orangtua tak perlu takut untuk menggunakannya sebagai tempat bermain bayi, sehingga bayi akan tenang dan tidak rewel. Playmat juga mudah dibawa serta bisa diatur berapa jumlah mainan yang bisa digantungkan pada rangkanya sesuai dengan kebutuhan bayi.

Be the first to comment on "Manfaat Penggunaan Playmat Bayi"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*