Manfaat Playmat Bayi Bagi Perkembangan Kecerdasannya

Bermain bagi bayi bukan hanya sekedar aktivitas yang membuatnya senang dan riang, namun lebih dari itu bermain membantu perkembangan otak dan tubuhnya. Manfaat bermain lebih efektif jika dibarengi dengan memberikan mainan yang sesuai dengan umur dan kemampuannya. Lalu mainan jenis apa yang cocok untuk bayi yang belum bisa duduk? Playmat bayi bisa dijadikan alternatif mainan yang tepat dan aman.

Playmat juga cocok untuk bayi yang sudah bisa merangkak dan duduk. Selain sebagai hiburan playmat bisa melatih kemampuan sensorik dan kognitif. Manfaat lainnya mainan ini Anda bisa dengan mudah mengganti popok tanpa khawatir bayi menangis karena si kecil sibuk memperhatikan mainan playmat. Untuk lebih jelasnya simak manfaat yang bisa Anda dan bayi dapatkan dari playmat bayi berikut ini:

Melatih Kemampuan Sensorik

Playmat terbuat dari berbagai macam tekstur dengan warna-warna terang yang membuat bayi tertarik. Bayi akan menikmati menyentuh mainan-mainan yang digantung di playmat. Misanya boneka bentuk binatang yang terbuat dari plastik yang lembut.

Umumnya playmat dilengkapi musik. Jika bayi tertarik ia akan mencoba menggapai mainan. Jika ia sudah mulai bisa menggapai mainan, jangan khawatir dan jangan mencegahnya karena itu merupakan bagian melatih kemampuan sensoriknya.

Baca Juga : Daftar Harga Baby Walker Terbaru

Melatih Kemampuan Kognitif

Saat bermain sambil tiduran di playmat si kecil akan memperhatikan mainan dan mempelajari sebab akibat. Bayi cenderung suka melakukan sesuatu yang sama berulang kali, baik disengaja ataupun tidak. Contohnya bayi usia 4 – 8 bulan suka membanting, melempar mainan berulang-ulang. Menurutnya aktivitas itu menyenangkan, dia jadi tahu efek suara yang dikeluarkan saat mainan jatuh ke lantai. Kegiatan tersebut bisa merangsang fungsi kognitif lebih meningkat.

Melatih Penglihatan Bayi

Saat umur bayi masih diminggu-minggu pertama kemampuan melihatnya masih terbatas. Ia hanya bisa melihat benda yang jaraknya sangat dekat. Itu sebabnya mengapa saat melakukan interaksi dan komunikasi dengan bayi disarankan dalam untuk berhadapan. Menggunakan mainan playmat bisa meningkatkan daya penglihatannya karena mainan yang terdapat di playmat disimpan dengan jarak dekat dan mudah dijangkau leh bayi.

Melatih Kemampuan Menggenggam

Bayi secara refleks akan menggenggam apa saja yang menyentuh tangannya namun bayi belum bisa mengontrol gerakannya. Itu sebabnya ketika Anda menyentuh tangannya, ia akan merespon memegang jari Anda.

Dengan mainan playmat kemampuannya untuk memahami benda apa saja yang ia pegang dan mempelajari suara yang keluar saat benda yang ia pegang keluar. Bayi sudah bisa mengontrol genggaman setelah ia menginjak usia lima atau enam bulan, ia sudah bisa menggenggam benda-benda yang ia pegang sesuai dengan keinginannya tanpa refleks.

Selain didesain untuk bermain dan belajar, playmat bayi juga didesain tanpa mengenyampingkan kenyamanan si kecil. Ada banyak jenis playmat yang bisa Anda dapatkan sesuai dengan usia perkembangan bayi, misalnya: Anda bisa mendapatkan playmat yang didesain untuk melatih kemampuan berjalan.

Be the first to comment on "Manfaat Playmat Bayi Bagi Perkembangan Kecerdasannya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*