Manfaat Playmat Bayi Untuk Mendukung Perkembangan dan Pertumbuhan Buah Hati

Memilih mainan bayi yang sesuai dengan perkembangan dan tahapan pertumbuhan si kecil bisa dikatakan gampang-gampang susah. Orang tua harus teliti dan pandai memilih jenis mainan, terlebih sekarang banyak tawaran berbagai jenis mainan bayi yang bisa Anda dapatkan di pasaran. Salah satu mainan yang direkomendasikan adalah playmat bayi yang tidak sekedar media bermain si kecil namun dapat memberikan stimulus perkembangan dan pertumbuhan.

Manfaat Playmat

Playmat bayi adalah permainan bayi yang berbentuk seperti matras. Namun matras tersebut tidak sekedar matras tempat bermain ternyata matras ini memberikan banyak manfaat, seperti:

  • Merangsang kemampuan sensorik

Playmat terbuat dari berbagai macam bahan dengan warna warni yang terang. Bayi membutuhkan stimulasi warna dan bentuk itu sebabnya mengapa bayi tertarik dengan warna warna cerah yang kontras. Beberapa model playmat dilengkapi mainan yang terbuat dari plastik yang lembut . Selain itu ada juga playmat yang dilengkapi kotak musik yang mengeluarkan suara jika disentuh atau setiap kali bayi bergerak.

  • Merangsang kemampuan kognitif

Saat bayi bermain sambil tiduran atau tengkurap bayi akan melakukan hal yang sama berulang kali, biasanya pada saat ia berusia 4 – 8 bulan.  Bayi akan mengulangi tindakan dengan sadar. Ia jadi mengetahui suara apa yang keluar dari playmat. Artinya mainan playmat bermanfaat membantu bayi berpikir logis dan mengenal sebab akibat.

Baca juga: Jenis dan Harga Baby Walker

Berikut adalah tips memilih matras playmat bayi :

  • Pilih playmat yang menyediakan fasilitas sesuai dengan tahap perkembangan si kecil, misalnya memiliki beragam tekstur dan fitur. Contohnya: playmat yang memiliki fiture gambar binatang dan suara binatang. Ada juga playmat yang bisa mengeluarkan musik saat diinjak, model playmat ini cocok digunakan untuk bayi yang sudah bisa berjalan. Si kecil akan senang dan membuat komposisi suara atau musik dari kakinya sendiri saat menginjak playmat.
  • Pilih matras yang memiliki motif benda-benda yang menarik bagi bayi, seperti: bola, boneka, binatang atau kotak. Bahkan saat ini sudah ada inovasi yang menyediakan mainan tiga dimensi yang menempel di alas. Mainan 3D membuat bayi penasaran untuk meraihnya. Dengan begitu melatih keterampilan kognitif dan kemampuan sensor motoriknya.
  • Pilih ukuran playmat yang sesuai dengan perkembangan bayi.
  • Pilih playmat yang menggunakan warna-warni yang beragam.
  • Pilih playmat yang alasnya cukup tebal agar bayi merasa nyaman dan tidak membayakan saat ia bermain di alas lantai.
  • Anda jangan khawatir jika fiture yang terdapat pada playmat merekat di alas bermain karena mainan-mainan tersebut tidak mudah lepas, tidak akan melukai bayi dan tidak membatasi gerak bayi saat bermain di matras.

Selamat memilih playmat bayi, jangan lupa untuk mengawasi dan menemani bayi saat ia bermain di playmat.

Be the first to comment on "Manfaat Playmat Bayi Untuk Mendukung Perkembangan dan Pertumbuhan Buah Hati"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*