Manfaat Teether Bayi dan Tips Memilihnya

Manfaat Teether Bayi dan Tips Memilihnya

Bayi memiliki intuisi untuk memasukkan apa saja yang di genggamnya ke dalam mulut apalagi ketika mulai tumbuh gigi. Salah satu sebabnya adalah karena gigi dan gusi merasa gatal sehingga ingin menggigit. Seringkali ibu menjadi sasaran saat memberikan Asi secara langsung yang bisa mengganggu kelancaran proses menyusui. Solusi yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan bayi mainan bernama teether. Seperti namanya, teether bayi ini dimaksudkan sebagai perangsang gigi untuk digigit namun tetap aman dan tak merusak gigi.

 Manfaat Teether Bayi dan Tips Memilihnya

Teether ini umumnya dibuat dari plastik kenyal yang tidak melukai gigi dan mulut ketika bayi menggigitnya. Dibuat dengan berbagai bentuk yang memudahkan bayi untuk menggenggam sekaligus memasukkannya dalam mulut. Meski memang ditujukan untuk digigit dengan aman, namun Anda tetap perlu menjaga kebersihannya setiap saat karena bisa saja mainan ini terkontaminasi bakteri dari lingkungan yang dapat terbawa masuk ke pencernaan si kecil. 

Bagi Anda yang belum begitu faham mengenai bermanfaat atau tidaknya teether untuk gigi bayi, berikut ini adalah penjelasannya mengenai pentingnya bayi memiliki teethernya saat mulai tumbuh gigi:

  1. Bayi tumbuh gigi umumnya setelah menginjak usia 6 bulan dan masih pada proses disusui.
  2. Gusi bayi akan terasa gatal akibat desakan dari gigi sehingga bayi memiliki keinginan untuk selalu menggigit agar tak terasa gatal.
  3. Proses menyusui akan terganggu saat bayi memiliki menggigit ibu.
  4. Dengan bentuknya yang mungil dan lucu, bayi selain memiliki sasaran untuk menggigit juga bisa memiliki mainan yang mudah untuk digenggam.

Dari manfaat teether bayi di atas, sudah faham bukan pentingnya membelikan si kecil teether untuk latihan menggigitnya? Namun Anda juga tak boleh sembarangan saat akan membelikan teether bagi si kecil agar tak salah pilih. Bagi yang belum berpengalaman memilih teether yang baik dan aman, berikut ini adalah tips yang bisa Anda praktekkan:

  • Perhatikan bahan pembuat teether karena nantinya teether akan masuk dalam mulut.
  • Perhatikan bentuk teether sehingga mudah masuk namun tak mudah tertelan. Bentuknya juga sebaiknya mudah digenggam sehingga nyaman untuk digunakan.
  • Pilihlah teether yang berisi gel karena memberikan sensasi dingin dibandingkan dengan teether berisi air.
  • Belilah selalu teether baru karena meminimalisir kontaminasi.

 Baca juga artikel menarik lainnya di bayionline.net

Untuk mempermudah pemilihan teether bayi yang aman dan baik digunakan, Anda bisa mempercayakannya pada merk mainan bayi terkemuka. Meski memiliki harga jual yang lebih mahal, namun merk terpercaya hanya memakai bahan yang aman untuk bayi sesuai dengan penggunaannya. Anda bisa membelikan beberapa teether untuk digunakan bergantian saat yang lain sedang dibersihkan. Gunakan air hangat atau cairan steril untuk membersihkan teether agar bisa digunakan dengan aman.

 

 

Be the first to comment on "Manfaat Teether Bayi dan Tips Memilihnya"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*