Melahirkan Bayi Secara Normal Merupakan Proses Alami, Jadi Tak Perlu Cemas

Ketika mendengar kata seperti melahirkan bayi, mungkin membuat bulu kuduk Anda menjadi takut dan merinding karena dibayangi dengan ketakutan mengeluarkan bayi yang besar dengan lubang vagina yang kecil. Pergolakan yang berada di dalam tubuh mulai terjadi di beberapa minggu sebelum melahirkan. Seperti perubahan hormon ketika merespon persalinan. Hormon dengan nama progesterone akan menurun dan hormon lain untuk menunjang persalinan akan mengalami peningkatan seperti oksitosin yang bertugas melunakkan serviks sehingga mudah dilalui janin ketika persalinan.

Proses melahirkan normal yang dialami oleh satu wanita dengan yang lainnya tidak sama. Tetapi, yang pasti Anda akan melewati tahapan persalinan yang setiap fasenya memiliki sensasi berbeda. di tahap awal adalah kontraksi awal. Di tahap ini tubuh Anda telah mempersiapkan diri untuk melahirkan. Pada tahapan ini Anda akan mengalami fase awal, aktif dan transisi. Apa saja yang bisa dirasakan? Di fase awal, atau laten nantinya kontraksi mulai terasa. Intensitas dari kontraksi yang terjadi belum terlalu kuat dan belum muncul dengan rutin. Selain kontraksi, biasanya Anda juga akan mengalami kram, sakit punggung hingga keluarnya lendir darah dari vagina.

Baca juga: Simak Beberapa Persiapan yang Harus Dilakukan Sebelum Melahirkan Bayi

Bagi wanita, fase ini merupakan fase yang kurang nyaman. Namun tidak perlu cemas, saat akan melahirkan bayi, hal paling penting adalah tetap tenang dan menganggap semuanya wajar. Selanjutnya Anda akan memasuki fase aktif, kontraksi yang muncul akan lebih kuat, intensitasnya juga sudah rutin dengan jarak yang cukup berdekatan. Rasa mual serta kram yang berada di kaki mungkin sudah Anda rasakan di tahap ini. Bila air ketuban masih utuh di fase awal, kemungkinan akan pecah di masa ini. Terakhir ialah transisi yakni saat kontraksi mulai terasa tajam dan kuat ditandai dengan kepala bayi bergerak turun dari rahim serta keinginan mengejak juga sudah mulai terasa.

Anda harus bersiap karena seluruh tenaga akan terkuras di vase kedua ini yakni proses mengejan. Apa saja yang bisa Anda rasakan? Anda akan merasakan perih ketika kepala bayi sudah mulai keluar dari vagina. proses mengejan akan memakan waktu selama beberapa menit atau beberapa jam, bahkan bisa lebih lama bila ini menjadi pengalaman pertama Anda melahirkan. Akhirnya dipenghujung tahap kedua, perjuangan Anda lunas dan menyambut kehadiran bayi mungil.

Perasaan lega saat sudah melahirkan bayi mungkin akan dirasakan sekarang ini tetapi proses persalinan belum selesai karena Anda harus mengeluarkan plasenta dari rahim. Hal yang akan Anda rasakan adalah kontraksi kembali muncul. Namun kontraksi yang muncul ringan dan tidak menyakitkan seperti yang sebelumnya, normalnya tubuh Anda akan panas dingin serta gemetaran. Bila disimpulkan, melahirkan memiliki rasa yang berbeda.

 

Be the first to comment on "Melahirkan Bayi Secara Normal Merupakan Proses Alami, Jadi Tak Perlu Cemas"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*