Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman

Bak mandi bayi merupakan salah satu perlengkapan yang harus dimiliki karena ini merupakan salah satu perlengkapan vital dan penting untuk menjaga agar bayi tetap bersih dan sehat. Ada beragam jenis bak untuk mandi bayi yang dijual di pasaran, akan tetapi orangtua harus teliti ketika memilih dan membeli bak untuk mandi bayi.

baca juga: Tips Memilih Bak Mandi Bayi yang Tepat

Salah satu tahapan paling penting ketika merawat bayi adalah mandi. Tahapan ini tentunya dilakukan oleh para ibu di seluruh dunia. Oleh sebab itu, bak mandi bayi merupakan kebutuhan mendasar untuk menjalani tahapan ini. Dan berikut ini merupakan hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli bak mandi untuk bayi:

Bahan Bak Mandi

Bahan atau material pembuat bak mandi untuk bayi sebaiknya terbuat dari plastik yang ringan akan tetapi kuat sehingga bak mandi akan lebih mudah untuk dipindahkan serta bak mandi tidak mudah rusak atau melengkung ketika diduduki bayi. Jangan lupa juga untuk memilih material yang aman dan tidak mengandung racun. Bahan bak mandi untuk bayi yang aman dan bisa dijadikan pilihan adalah polypropylene plastic.

Bentuk Bak Mandi

Para ibu harus juga memperhatikan bentuk dari bak mandi untuk bayi. Perhatikan bagian kaki bak mandi. Pilih bak mandi yang mempunyai anti slip atau bahan karet pada bagian bawah bak mandi sehingga bak mandi tidak licin serta mudah digunakan dan lebih aman untuk si kecil. Pilih bak mandi yang tidak mempunyai sudut tajam sehingga tidak membahayakan si kecil. Perhatikan pula jangan sampai bak mandi mempunyai permukaan kasar karena bisa berbahaya dan bisa menggores kulit bayi, jangan pula memilih bahan yang licin karena bisa membuat si kecil tergelincir.

Sesuaikan Budget

Apabila ingin membeli bak mandi, sesuaikan dengan budget atau keuangan yang dimiliki. Cari bak mandi dengan harga yang pas namun tetap aman untuk si kecil. Apabila ibu hanya mempunyai budget yang tak banyak, maka membeli bak mandi standar sudah cukup, yang terpenting aman untuk bayi. Akan tetapi jika ibu mempunyai budget yang lebih, tak ada salahnya jika ibu membeli bak mandi yang memiliki pengukur suhu air, dan beragam fitur lainnya.  

Memiliki bak mandi untuk bayi jangan hanya mementingkan tampilannya saja, akan tetapi juga harus memperhatikan kebersihannya. Air dan produk bayi yang dipakai untuk mandi si kecil tentunya akan menumbuhkan jamur serta noda yang membandel. Oleh karena itu ibu harus mempelajari cara membersihkan bak mandi bayi dengan baik dan benar agar tetap aman dan sehat untuk si kecil. Bersihkan selalu bak mandi untuk bayi sebelum dan sesudah selesai digunakan agar tetap bersih.

 

Be the first to comment on "Memilih Bak Mandi Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*