Memilih Boneka Bayi yang Aman

Bayi dan anak tentunya tidak bisa dilepaskan dari mainan. Beragam mainan diberikan oleh orangtua kepada anak, selain untuk bermain juga bisa digunakan sebagai stimulan syaraf motorik bayi dan anak. Mainan yang seringkali dipilihkan adalah boneka bayi. Namun, boneka seperti apakah yang tepat? Berikut ulasannya:

  1. Pilih Boneka Sesuai Jenis Kelamin Bayi / Anak

Saat memberikan boneka pada bayi atau anak sebaiknya disesuaikan dengan jenis kelamin si kecil. Misalnya untuk bayi atau anak berjenis kelamin laki-laki, pilihkan boneka mobil seperti kereta Thomas and friends, lighting mc queen, atau boneka bola yang berwarna-warni. Sedangkan untuk anak perempuan, hampir seluruh jenis boneka cocok, seperti boneka tokoh animasi seperti doraemon, princess, barbie dan lain sebagainya  

  1. Sesuaikan dengan Usia Bayi / Anak

Selain disesuaikan dengan jenis kelamin bayi, boneka juga harus disesuaikan dengan usia bayi. Pilih boneka kain yang lembut dan tidak berbulu, khususnya untuk anak yang berusia beberapa bula, karena bulu yang rontok bisa berbahaya untuk pernafasan anak.

  1. Kuat

Boneka yang diberikan untuk bayi pun harus kuat, karena boneka ini bisa menjadi objek gigitan bayi atau bisa jadi akan ditarik kesana kemari oleh bayi. Selain itu, untuk ornamen boneka pun dipilih yang tidak berbahaya, karena akhir-akhir ini ornamen yang sering digunakan ialah bordiran atau manik-manik untuk membentuk mata serta hidung.   

  1. Mudah Dicuci

Pilih boneka bayi dengan bahan yang mudah dicuci serta tidak mudah kempes. Isi boneka yang bagus biasanya adalah dakron atau silikon, sedangkan untuk yang berkualitas rendah biasanya berisi perca serta busa sisa.

  1. Bahan Boneka

Boneka untuk bayi pun harus dipilihkan yang memiliki bahan aman, apa saja bahan-bahan yang aman untuk pembuatan boneka? Diantaranya adalah sebagai berikut:

Baca juga: Tips Memilih Boneka Bayi yang Aman untuk Balita

Velboa

Bahan ini terbilang aman untuk anak-anak serta harganya pun lebih murah. Bahan ini memiliki tekstur bulu yang pendek dan ketika diraba sangat lembut di tangan. Bahan velboa seringkali digunakan untuk pembuatan boneka dengan ukuran kecil, akan tetapi ada juga boneka dengan ukuran besar yang memakai bahan ini.

Rasfur

Bahan boneka selanjutnya yang aman untuk anak adalah jenis rasfur yang lembut. Jika dibandingkan dengan Velboa, maka harga Rasfur lebih mahal dan ukuran bulunya pun lebih mahal. Rasfur biasanya dipakai untuk membuat boneka panda atau beruang yang ukurannya besar.   

Fonel

Bahan ini mempunyai bulu yang tebal serta halus, biasanya digunakan untuk membuat boneka teddy bear.

Nylex

Bahan ini memiliki kontur yang tipis serta agak kasar apabila dibandingkan dengan bahan boneka yang lainnya. Bahan ini juga memiliki harga yang lebih murah serta aman untuk anak-anak.

Itulah tips untuk memilih boneka bayi serta bahan-bahan pembuat boneka yang aman sehingga orangtua akan bisa memberikan mainan terbaik untuk bayi dan anak.  

Be the first to comment on "Memilih Boneka Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*