Memilih Boneka Bayi yang Aman

Boneka merupakan salah satu jenis mainan yang disukai oleh bayi dan anak-anak, khususnya oleh anak perempuan. Sekarang ini ada beragam jenis boneka yang bisa menjadi pilihan, baik itu dar segi bentuk, warna, maupun bahan. Namun, bagi orangtua, jangan memilih boneka bayi secara sembarangan. Ada hal-hal yang harus diperhatikan agar boneka yang dipilih tetap aman dan membuat anak bahagia. Berikut ini adalah beberapa tips untuk memilih boneka untuk anak.

Bahan Boneka

Untuk bayi, pilihlah boneka yang terbuat dari bahan yang aman, seperti katun atau plastik, sehingga bahan tidak mudah rontok ata terlepas. Sebaiknya tidak memberikan boneka berbulu pada bayi, karena bulu boneka yang rontok bisa masuk ke hidung atau mulut bayi. Pilih juga boneka yang terbuat dari bahan tanpa bahan kimiawi berbahaya serta bagian dari boneka tidak mudah terlepas, seperti kancing pada boneka atau manik-manik lainnya, karena hal ini sangat berbahaya jika tertelan oleh bayi.

Boneka Tanpa Baterai

Sebaiknya pilih boneka yang tidak memiliki baterai. Kenapa? Hal ini berguna untuk merangsang imajinasi bayi atau anak untuk menggerakkan boneka tersebut saat memainkannya.

Boneka dengan Jenis Kelamin Berbeda

Pilih boneka dengan jenis kelamin berbeda, hal ini untuk membantu anak mengenal adanya laki-laki dan perempuan, selain itu juga untuk mengenalkan bagian-bagian tubuh pada manusia.

Ukuran Sesuai Tubuh Anak

Sebaiknya pilih boneka bayi yang ukurannya sesuai dengan tubuh anak, jangan terlalu besar. Ukuran boneka yang terlalu besar akan membuat anak kesulitan ketika memainkannya.

Boneka Bersuara dan Bermata Unik

Pilihkan boneka yang matanya bisa tertutup dan terbuka, selain itu pilihkan juga boneka binatang yang mampu bersuara. Ini untuk membuat anak berimajinasi serta mengenalkan hewan-hewan pada anak serta mengenalkan bagaimana suara binatang tersebut.

Selain dari bahan dan jenis bonekanya, pemberian boneka juga harus disesuaikan dengan usia anak. Misalnya untuk bayi yang baru lahir, sebaiknya diberika boneka dengan bahan yang lembut dan empuk yang bisa dipeluk dan menjadi teman tidur bayi. Pilihkan juga yang memiliki warna cerah sehingga bisa membuat anak lebih ceria.

Sedangkan untuk anak di bawah tiga tahun, orangtua bisa memberikan jenis boneka yang lebih bervariasi sehingga bisa merangsang keaktifan dan imajinasi anak ketika bermain. Pilih pula boneka yang terbuat dari bahan yang mudah dicuci, hal ini karena anak berusia di bawah tiga tahun aktifitasnya lebih banyak, sehingga badan boneka lebih cepat kotor.   

Untuk anak pra sekolah atau taman kanak-kanak, sudah diperbolehkan untuk memberikan boneka yang lebih merangsang imajinasi, misalnya seperti yang bisa dibongkar pasang, disisir rambutnya, dan diganti bajunya.

Itulah tips untuk memilihkan boneka bayi yang aman untuk anak. Mainan sangat penting untuk anak, selain bisa membuat ceria, juga bisa merangsang perkembangan dan tumbuh kembang anak.

Be the first to comment on "Memilih Boneka Bayi yang Aman"

Leave a comment

Your email address will not be published.


*